Muncul di tahun 1998, Yamaha R1 yang dijuluki Japanese 916 karena kemiripan desain fairing menggebrak dengan mesin 1000cc 4 silinder bertenaga 150PS. Tenaga 150 PS untuk ukuran zaman sekarang mah cupu, naked bike berbasis mesin superbike 1000 cc saja tenaganya lebih dari 150 PS, tetapi di zaman itu, kan superbike masih 750 cc untuk mesin 4 silinder, dan di lintasan, mesin macam RC45 saja bertenaga 180 PS. Istilahnya, dengan harga jauh lebih murah, sampeyan punya motor bertenaga nyaris setara motor-motor balap superbike. Bahan titanium yang disematkan di R1 pun jelas-jelas menggoda…Dengan R1, sirnalah stigma Yamaha motor bertenaga lemah yang hanya mengandalkan handling semata.

20160816_115852-1Motor yang awalnya dikenal sangar powernya pun pelan-pelan disusul para kompetitornya yang ikut bermain di kelas 1000cc 4 silinder. R1 yang gagal maning juara WSBK pun –hingga Ben Spies turun tahun 2009–dikenal sebagai motor boros hehe.. Dibanding kompetitornya, R1 boros Bro…Namun, ini motor banyak fansnya dan dianggap sebagai motor yang asik dipakai balap. Jangan tanya saya di mana asiknya, saya mah nulis kata pembalap-pembalap aja wkwkw..

Oh ya, apa jadinya kalau kita suka karakter mesin motor, suka desainnya, suka sejarahnya, tetapi ada yang ingin disesuaikan dengan kepribadian kita? Tentu kita modif kan??? Nah foto di atas itu modif unik kan??!!! Apa??? biasa aja???? Ga ada yang dimodif???? Coba lihat lebih seksama… Oke, saya kasih yang lebih mencerahkan hehe..noooh…

20160816_115900

Unik kan? Motor balap dimodif pakai raiser dan setang konvensional wkwkw… Mungkin yang punya ga mau pegel-pegel… Atau dia kurang suka dengan desain Fazer 1000..Dengan modif ini, si empunya bisa tetap merasakan semua keunggulan R1, tetapi bisa riding sesantai posisi Fazer 1000