Hari gini, cari gratisan itu susah… Untung di Jerman termasuk yang kadang ada gratisan. Contohnya di kota Cologne, setiap hari Kamis minggu pertama, museum-museum tertentu di kota besar di NRW (Nordrheinwestfalen) ini gratis bagi penduduknya. Jadi, kita tinggal bawa bukti bahwa kita terdaftar di kota Cologne, maka masuk museum yang biasanya bayar, bisa gratis! Lumayan banget kan, padahal Jerman termasuk murah lho masuk museumnya, tentu jangan dibandingkan dengan Indonesia ya..Bandingkan dengan Belanda saja misalnya..

Kamis kemarin, saya mengunjungi 2 museum. Salah satunya adalah museum arkeologi gitu, lupa namanya, prehistorik gitu deh.. Di sini, kita bisa melihat sisa-sisa reruntuhan bangunan dari abad ke-2 sampai abad ke-4 peninggalan Romawi di Cologne.

20160901_163044

Jangan bingung lihat pilar-pilar betonnya, itu baru hehe.. Jadi reruntuhan Romawi ini sudah dibuat indoor. Oh ya, pengunjung juga bisa melihat kanal-kanal air di bawah tanah dari zaman Romawi juga.

Sebelum berkunjung ke museum ini, kami mengunjungi Museum Walraff yang banyak memajang lukisan-lukisan luar biasa dari abad-abad lampau. Yang saya lihat sih, banyak yang dari tahun 1800an hingga 1900an. Beberapa lukisan membuat kesan dejavu, sebab memang cukup terkenal hehe..

20160901_130627

Ga  rugi sih mengunjungi museum yang hari biasa tiket masuknya 8 Euro ini. Kalau sampeyan ngaku artsy, ya harus ke sini hehe.. Sayangnya sih buat saya terlalu kaku. Penjaga-penjaga museum melarang bicara keras-keras dan mengingatkan pengunjung untuk jaga jarak, sesuai garis putih itu. Oh ya, lebih menarik kalau ke sini tentu dengan orang yang mengerti seni atau lebih keren lagi, kalau dia juga punya pengetahuan sejarah. Bakalan banyak hal menarik yang bisa dikupas. Nah, salah satu dari kami ada yang pernah kuliah seni, menarik sekali mendengar penjelasan dia atas sebuah cerita di dalam sebuah lukisan. Dengan penjelasan-penjelasan, kita paham, banyak pesan yang disampaikan sebuah lukisan, banyak kode-kode gitu Bro..

Oh ya, salah satu lukisan yang mencengangkan saya adalah yang di bawah ini, tekniknya kurang ajaaaar! Luar biasa hebat, benar-benar karya maestro! Meskipun objeknya hanya roti, ikan dll yang biasa saja, tetapi benar-benar tampak hidup! Tampak seperti foto! Noooh…

20160901_132424