Nah, kalau ketemu R6 saya curi-curi pandang, kalau ketemu yang satu ini, saya harus berhenti dan foto-foto! Yup, inilah Kawasaki GPZ600R!

20160829_135055

Gimana Bro? Keren kan? Motor 600cc yang lincah karena menggunakan velg ring 16 ini bisa dibilang bersejarah. Doi bisa dibilang pembuka kelas Supersport 600 cc! Motor Kawasaki 4 silinder sebelumnya hanya bermesin 550cc. Motor ini khas 80an sebenarnya, doi lahir tahun 1984 dan tutup produksi tahun 1989. Sudah 30 tahun lebih toh! Makanya dengan kondisi motor lumayan original begini (kecuali lampu sen), saya bela-belain deh menghabiskan waktu sejenak dengan motor yang zaman dulu rasa-rasanya belum dijuluki Ninja!

20160829_134819

Selain pionir kelas 600 cc, motor bertenaga 75 PS ini jelas menjadi standar baru untuk urusan tenaga motor kelas 600cc, tipikal Kawasaki lah, doi yang paling bertenaga. Tenaga yang cukup banget untuk menggerakkan ban 110 di depan dan 130 di belakang! Motor 250 cc di tanah air jelas bakal diasapi jauh! Doi juga dikatakan terdepan dalam desain lho..Ada benarnya, coba cek desain motor-motor kompetitor di tahun 80an! GPZ600R tetap terlihat manis, bahkan bagi kita seperti 90an ya, mirip banget Kawasaki Serpico kan?

20160829_134844

Dari belakang, doi pun terlihat sexy! Inilah yang sering dilihat lawan-lawan sekelasnya di masa lalu! Untuk urusan akselerasi, doi boleh juga, boleh banget malah!

0-100 Km/jam bisa dicapai dalam 4,2 detik saja!

0-160 km/h dalam 11,0 detik

0-200 km/h dalam 22,2 detik

400m diraih dalam 12,6 detik!

20160829_134940

Motor yang enak digeber mulai 7000 rpm hingga 11000 rpm punya top speed lumayan! Dengan joki menunduk, motor ini bisa tembus 217 Km/jam! Ingat ya, tahun 80an lho! Saya pribadi jadi ingat enaknya geber motor 600cc jadul, powernya tidak buas dan terkontrol. Di sini justru yang menimbulkan kenikmatan riding Bro. Dalam hati, kita masih bisa bilang ke motor: go..go..go..faster..faster!!!  Sedangkan kalau naik 600cc modern, waaa, kita awal-awalnya pasti terintimidasi hehe…

20160829_134836

Yasudah Bro..begitu saja ceritanya ya..senang bisa ketemu si ganteng yang satu ini. Senang juga bisa memajangnya di Blog Sesat ini.

20160829_134653-1

Rasanya nostalgia ke zaman Tom Cruise membintangi Top Gun ya hahaahaha…