20160912_074049-1

Selamat Idul Adha bagi Bro yang merayakannya…

Tahun ini, Idul Adha yang lumayan bingung bagi saya, sebab hingga jam 1 malam, belum memutuskan mau sholat di mana. Berkat kemampuan terawang gaib internet, akhirnya saya memutuskan sholat di Mesjid Hamza yang merupakan mesjid berbahasa Arab di daerah Muelheim, Cologne.

Alhamdulillah jadwal sholatnya jelas ada di web mereka, pukul 08.00. Kenyataannya, lewat sedikit sih. Yang penting dapat sholatnya dan rasanya tidak aneh dan lebih diperhatikan. Kalau di mesjid Turki, saya dapat kesan bahwa bahasa yang dipakai hanya Turki dan Arab, nah, melongolah saya di pojokan… Sedangkan di Mesjid Arab, selain bahasa Arab, ada disertakan bahasa Jermannya.

Nah, pas setelah sholat, eh, banyak juga yang langsung bubar jalan, padahal khotib lagi ceramah dalam bahasa Arab, ketika ceramah diterjemahkan dalam bahasa Jerman, ada sebagian lagi yang meninggalkan mesjid..aneh ya, kurang tertib hehe..

Yah, begitulah hari ini.. Setelah sholat Idul Adha, hari berjalan kembali normal, tak ada lebaran-lebarannya, masuk seperti biasa, tak ada sate kambing, sambel goreng hati, atau opor…

Untuk mengobati kerinduan pada tanah air dengan harga terjangkau, akhirnya saya ikut teman-teman ke toko Asia di dekat stasiun pusat. Dan ujung-ujungnya, inilah obat kerinduan itu:

img-20160912-wa0013