Ada banyak hal yang tidak kita percayai jika kita tidak menyaksikannya dengan mata dan kepala sendiri. Misalnya, siapa sih yang percaya besi dan beton ribuan ton bisa ngambang di air? Nah, itu ada kapal induk!

Siapa yang percaya, benda tak bersayap bisa terbang? Nah itu roket.. Petasan janwes hehe..

Oke, tak ada apinya, tak bersayap, bisa terbang pun juga ada: balon gas…

Nah, dulu tahun 2004 saya pertama nyasar ke Jerman, saya tak percaya ada pohon pisang di Jerman, sebab memang selama hampir 4 bulan di sana, tak sekalipun saya ketemu pohon pisang, meskipun buah pisang impor mudah sekali didapat dan relatif murah.

Tahun 2007 saya nyasar lagi ke Jerman, dan di dalam gedung perpustakaan pusat universitas Friedrich Schiller, ada pohon pisang, berbuah pula Bro..meskipun sangat kecil dan tak bisa dikonsumsi! Namun, itu saat pertama kali saya bisa mengatakan, di Jerman ternyata ada pohon pisang!

Daaaan, saat bulan lalu saya tersesat ke Heidelberg, ternyata rumah seberang juga punya pohon pisang! Daaan, kali ini letaknya bukan indoor, tetapi outdoor! Noooh:

20160827_092140

Ini yang pertama saya lihat di seberang rumah.. Karena di dalam pot, mungkin kalau musim dingin nanti, pohon pisang itu dipindah ke dalam rumah ya hhehehe.. Eh, tak tahunya, di jalan, saya ketemu yang ditanam di tanah..Entah deh itu pohon pisang akan bertahan atau tidak di musim dingin nanti.. Ini buktinya:

20160827_093551