Coba Bro bayangkan: Lengan ayun Proarm, rangka twinspar, monoshock, velg palang, tutup tanki rata, mesin V-twin. Nah, semua itu dihadirkan di sebuah motor di tanah air, pasti fantasi kita bakal menggambarkan sosok motor yang keren, ya kebayang Honda VTR 250 kira-kira..

Nah, semua itu ada di motor Honda NTV 650 aka Revere seperti di foto berikut ini:

20160913_080258-1

Gimana Bro? Langsung ilfeel? Eits, kan semua spek yang ada di atas ada di motor ini…

Nah, itu menunjukkan, pentingnya kekuatan desain, bukan semata spek yang wow.. Jadi ingat kemunculan Yamaha Vixion ya..desain keren, walaupun masih susah sih kalau dibilang lebih keren daripada Honda Tiger. Namun, spek monoshock, rangka “deltabox”, radiator, 4 klep, velg palang, di zaman itu sudah termasuk wooow! Apalagi harganya terjangkau!

Kembali ke motor yang banyak nama aliasnya ini. Di USA doi dikenal dengan nama Honda Hawk GT, di Jepang Honda Bro wkwkw..dengan cc lebih kecil. Jelek kan tampilannya, meskipun speknya bisa dibilang lengkap untuk jadi motor impian. Namun, ingat Bro, ini motor kelahiran 80an akhir! Untuk zaman itu, ini bisa dibilang keren..inget, zaman itu motor bentuknya masih banyak yang kaya Honda GL Pro atau GL Max hehe…

Honda Revere berkapasitas mesin 647 cc dengan tenaga 57 PS @7500 rpm, asik deh buat touring. Mesin V2 4 tak SOHC dengan 5 tingkat percepatan ini tak hanya disematkan di motor berpenggerak gardan ini, tetapi juga di Honda Transalp, Africa Twin dan Honda Shadow. Mesin 3 klep dan dua busi per silinder ini dikenal panjang umur lho.. Oh ya, doi digantikan nantinya oleh Honda Deauville pada tahun 1998, pernah dengar dong..

Sebenarnya motor ini secara desain di zamannya dan peruntukannya baik-baik saja, keren malah. Namun, motor yang versi USAnya berpenggerak rantai ini termasuk motor yang sering dijadikan bahan modifan. Model favorit tentu cafe racer, dan asli jadi keren… Berikut contohnya:

Gini doang aja bikin puyeng ya Bro..Mesin V-Twin itu memang sekseeeeh…..

Ubah sedikit, terutama sektor buritan yang kepanjangan untuk ukuran motor show off, maka Revere langsung ganteng maksimal..