Euro 4 akan diberlakukan di Jerman tahun depan. Artinya, mulai tahun 2017 nanti, motor-motor yang tidak memenuhi persyaratan Euro 4 tidak akan mendapatkan izin dipasarkan di Jerman, dan saya rasa di beberapa negara EU juga begitu. (Tidak jelas juga sih, apakah semua negara EU akan memberlakukan standar Euro 4 bersamaan).
Namun, ada pengecualian juga sih, kabarnya produsen masih bisa menjual produk yang belum memenuhi standar Euro 4, tetapi jumlahnya dibatasi dan produsen itu perlu meminta izin khusus.
Mengenai Euro 4, sepertinya banyak motor-motor yang tak lagi diproduksi Bro.. Sebut saja Kawasaki W800! Dari pabrikan Suzuki, GSX-R 600 dan 750 tidak jelas rimbanya. Sederet moge cruiser Suzuki pun dikabarkan dihentikan produksinya. Dari pabrikan Honda, jelas CBR600RR yang dipastikan tak lagi dikembangkan.
Yamaha pun juga dikabarkan akan menghentikan XJR, XJ-6, SR400, dan FZ8. Kawasaki, selain W800, tak membocorkan, motor mana lagi yang tidak akan dilanjutkan kariernya.
Motor macam Triumph, MotoGuzzi, KTM, dan sebagainya pun tak luput Bro…
Kubu Harley Davidson dikabarkan tak melanjutkan produk V-Rodnya, sedangkan Ducati Panigale 1299 pun dikabarkan juga tak berlanjut. Aprilia bahkan menghentikan produksi motor Vtwinnya, jadi varian macam Dorsoduro dan Shiver akan pamitan..
BMW sudah merencanakan menghentikan K1300nya, toh mereka sebenarnya aman karena sudah bisa mengandalkan mesin sport 1000cc untuk motor sport-touringnya. Pastinya ya berbasis mesin S1000 Bro…
Oh ya, apa itu Euro 4???? Saya juga tak paham sepenuhnya sih, awalnya saya pikir hanya peningkatan standar emisi saja. Ternyata, tidak itu saja Bro.. Motor yang memenuhi Euro 4 itu juga harus memiliki ABS, on board-diagnostic, memenuhi standar kebisingan baru, dilengkapi filter karbon aktif pada lubang pernafasan tanki, dilengkapi katalisator dengan daya tahan yang lebih tinggi, dan sebagainya.
Wah, pantas saja banyak motor yang dipensiunkan.. Karena jika dipaksakan, motor-motor ini tidak lagi ekonomis, artinya jelas kehilangan daya tarik dari segi ekonomis yang bisa berdampak minimnya minat beli calon konsumen pada produk itu..
2 komentar
Comments feed for this article
1 November 2016 pada 5:42 am
tomcat s
Klo emisi makin ditekan, berarti motor masa depan adalah motor listrik (atau hybrid) ya Bro, sekaligus tidak bising, tidak perlu filter karbon aktif, tidak perlu katalis gas buang, de-es-te…. Di Solo dan sekitarnya kini makin banyak pemakai sepeda listrik, siap euro-5 bahkan… waduh, gimana nasib honda Grand saya nanti ya…?
2 November 2016 pada 12:27 am
arieslight
Manteb Bro kalo makin banyak yang pakai kendaraan listrik..yang perlu dipikirkan juga tentu listriknya diperoleh dari pembangkit listrik tenaga alam yang bisa diperbarui juga..yang nonfosil..jadi benar-benar bersih. Kalau pemerintah sini di Jerman fair sih, ga ngelarang kendaraan yang sudah terjual di pasar selama cek layak jalannya dijalankan.. Dulu wacana pelarangan 2 tak gitu di kita jahat sebenernya…walaupun positivnya orang pada beralih ke 4 tak.. kasian tapi yang piara 2 tak..sebagian langsung turun drastis..