20160804_130622-1

Jual moge itu tidak mudah, kalau tidak mau rugi. Nah, jual moge bodong lebih susah lagi! Biasanya, yang ribet itu jualan moge bodong 4 silinder, maklum, perawatannya mahal Bro..

Tadinya, saya pikir menjual moge bodong itu susah. Semua moge bodong susah dijual! Hanya moge bodong berstatus klassik saja yang masih relatif cepat lakunya. Sebut saja moge macam Yamaha XS 600, BMW bermesin boxer dan motor-motor Inggris dan Amerika (mayoritas Harley Davidson tentunya). BMW pun tak semuanya laku, hanya BMW bermesin boxer saja yang “relatif mudah” terjual dalam keadaan bodong alias surat menyurat yatim piatu! BMW bermesin 4 silinder, susah banget Bro, kasian malah sama motornya kalau dibandingkan harga pasarannya. Maklum, merawat BMW 4 silinder tahun 80an dan 90an itu muahalnya luar biasa, jadi kalau statusnya bodong, biasanya tak menguntungkan merawatnya terus dalam keadaan prima, apalagi membangunnya!

img_20160912_171311

Selain motor-motor bodong yang mahal yang saya sebut di atas, ternyata ada juga motor Jepang berkapasitas besar yang bodong, tetapi relatif mudah dijual dengan harga tinggi. Oh ya, ini kesimpulan saya ya: Moge bermesin V-Twin!

Yup, beda nasib dengan moge bodong tahun tanggung 4 silinder, moge-moge bodong Jepang bermesin V-Twin lebih cepat terjual dan harganya lumayan tinggi! Ini saya saksikan sendiri ketika seorang teman dititipin Yamaha Dragstar bermesin V-Twin 600cc. Kondisi motornya lumayan Bro, hidup gampang, tenaga yahud, jauh lebih menyenangkan daripada Dragstar 400. Tadinya motor titipan itu saya perkirakan hanya akan laku 20 jutaan dan butuh waktu bulanan. Eh, dalam kurang dari sebulan, motornya laku! Harganya juga di atas 30 juta. Sudah sold, eh masih banyak yang nanyain motornya, kata teman saya. Hmmm pesona mesin V-Twin ala HD memang terbukti berdaya jual tinggi…