20160928_124922-1

Kemarin, kelas saya jalan-jalan lagi ke museum. Menyenangkan tentunya, sebab belajar jadi variatif dan bisa di luar kelas juga. Dalam perjalanan saya ketemu sosok motor yang mudah dikenali: BMW S1000XR! Ya sebenarnya yang bikin mudah dikenali simbolnya sih.. Secara warna dan sosok ketebak dong kalau doi merupakan produk hybrid BMW untuk menghadapi motor kawinsilang sport, touring dan adventure asal Bologna Italia, yakni Ducati Multistrada 1200!

Yup, mengandalkan GS, jelas performa mesin kalah power, tidak cukup feeling sportnya, meskipun sisi adventure GS yang numero uno! Mengandalkan K1300 yang tahun depan disuntik mati karena tak efektif menghadapi Euro 4 dan efisiensi BMW yang mengandalkan basis 1 mesin 4 silinder, BMW ini hanya unggul sisi sporty dan touring, tetapi sisi adventurenya kuraaaang. Nah, hadirlah BMW S1000XR! Secara siluet Multistrada kan, ya dapatlah feeling riding position dan kenyamanan GS, namun secara mesin, tenaga 160 PS@11000 rpm lebih dari cukup untuk membungkam motor-motor sport 600 dan 750cc. Maklum, power motor supersport 600 cc kan masih pada di bawah 130 PS, ya 30 PS lebih besar cukup terasa kok.

20160928_124944-1

BMW menjual motor berABS dan 2 riding mode ini (Rain dan Sport). ASC (Automatic Stability Control) menjaga traksi ban tetap terjaga saat motor dipakai dengan beban berat (berboncengan dan membawa banyak barang) atau menempuh daerah superberangin.

Saya yang tadinya melihat motor ini biasa saja, bahkan saya nilai jelek desainnya, berubah pikiran hehe.. Setelah melihat langsung, motor ini cantik dan hoooot jeletooot.. Melihat performa dan kenyamanan yang dijanjikan, saya pun semakin terhipnotis..Oh ya, para pemilik XR pun masih bisa melengkapi XRnya dengan berbagai parts aftermarket untuk touring/adventure yang disediakan BMW.

Iklan