Versi fairing Kawasaki ER-6N ini di tanah air lumayan banyak, kapasitas mesin besar dan ergonomi yang baik menjanjikan touring yang nyaman. Di Jerman, moge yang satu ini, terutama yang naked/ER-6N sangat diminati. Namun, kehadiran motor-motor pesaing tentu perlu diwaspadai, Kawasaki pun menyempurnakan moge 650cc Twin ini.

20161008_151238

Yang paling fresh terlihat tentu tampilannya, berhasil banget nih.. Dengan lebih menghorizontalkan tampilan lampu depannya, tentu dengan perubahan desain juga, Ninja 650 mewarisi kesangaran wajah Ninja ZX-10R! Pokoknya lumayan jauh beda Bro..Tinggal ganti setang yang lebih merunduk, motor ini sudah samar-samar mirip Ninja ZX-10R, ya paling nggak ga malu kalah ganteng kalau ketemu Ninja 250 yang tampangnya lebih agresif duluan.. Ninja kelas menengah ini memang dikonsepkan untuk kendaraan perkotaan, nyaman untuk harian dan memberikan sarana penyaluran bagi bikers yang senang motorsport.

20161008_151345

Lampu belakangnya juga lebih nakal, huruf X terlihat jelas di situ..mungkin artinya, nyalip gw cincang hehe…

Oh ya, kabarnya powernya lebih dari 70 PS yang dihasilkan mesin twin pararel 649cc yang memang terbukti nakal dan matang. Kawasaki membuat motor ini sangat enak di putaran bawah, dari rpm 3000 hingga 6000 tenaga tersedia sangat cukup untuk menggerakkan motor berbobot 193 Kg ini. Yup, putaran bawah menengahnya dioptimalkan Bro.. Kopling juga baru katanya, jadi ada 2 stut, tapi saya ga tau gunanya apa selain untuk menonjok plat kopling hehe..keistimewaan tak dijelaskan lebih lanjut.

Tinggi jok yang hanya 790mm juga menjanjikan kemudahan bagi biker saat menggeser-geser atau mengeluarkan motor dari parkiran. Posisi setang memungkinkan rider berpostur kecil masih bisa relatif duduk tegak.

20161008_151334

Windshield pun dikatakan bisa disetel-setel dalam 3 posisi. Bagi mereka yang kurang puas, Kawasaki juga masih menawarkan winshield aftermarket dengan ukuran lebih besar.Di cockpit, Ninja 650 mengandalkan tachometer analog yang dikombinasikan dengan spidometer digital yang ditampilkan layar LCD. Motor ini juga dilengkapi indikator gigi.

Oh ya, tak hanya tampilan luar saja, rangka bajanya benar-benar baru! Bobotnya pun hanya 15 Kg. Jadi, katanya sih mesin diintegrasikan menjadi bagian rangka, maca Desmosedici zamannya Stoner dan awal the Doctor di Ducati Bro.. Lengan ayun pisang yang diproduksi dengan teknik press pun beratnya hanya 4,8 Kg saja.

Untuk knalpot, tampak tak banyak perubahan desain, tetapi jeroannya berubah demi memenuhi standar Euro 4.

Untuk pengereman, sesuai Euro 4 yang harus ABS tentunya. Kawasaki mempercayai ABS Bosch 9.1M untuk mengawal motor bervelg palang 5 ini.

20161008_151302

Kawasaki memasarkan doi dalam 4 warna pilihan, yakni: Lime Green/Ebony, Metallic Spark Black, Pearl Blizzard White und Candy Burnt Orange.

Buat mereka yang hobi touring, Kawasaki juga menawarkan koper kiri-kanan dengan kapasitas masing-masing 14 liter dan berat total keduanya 3 Kg. Kalau belum cukup, masih ada topcase bervolume 30 liter yang juga berbobot 3 Kg. Kalau masih kurang, ada tas tanki berkapasitas 4 liter dengan berat 2 Kg. Charger, pelindung frame/tanki/radiator pun lengkap ditawarkan.

Sayang belum ada harganya..ya naik dikit lah hehe…

20161008_151249

Sumber:http://www.motorradonline.de/motorraeder/kawasaki-ninja-650-abs-auf-der-intermot-2016/769973