Jika di Intermot 2016 Honda dan Yamaha memajang motor MotoGP mereka, Suzuki tidak melakukan itu. Yang menjadi pusat perhatian adalah Suzuki GSX-R 1000 yang baru akan ditestride di Phillip Island Australia Februari tahun depan. Bocoran dari testridernya sih, Suzuki sudah mengerjakan PR dengan sangat baik! Hmmm, tapi saya dapat kesan, Gixxer kurang mendapatkan pemberitaan di media, dapat sih, tapi tak seheboh Fireblade. Oh ya, sepemantauan saya, Gixxer 1000 memang ada 2 unit di Intermot, yang satunya standar, yang satunya lagi terlihat sudah memakai knalpot partner setia Suzuki, yakni Yoshimura. Namun, keduanya hanya berada di panggung. Beda dengan Fireblade yang SP2nya di panggung, sedangkan SP1nya bisa dijajal dan digerepe-gerepe oleh pengunjung hehe…20161008_145529

Apa saja yang baru dari motor superbike yang bisa dibilang terbaik di ajang balap ketahanan ini? Ooo, tentu banyak, dan katanya, sama sih dengan yang lain, teknologi MotoGP banyak mempengaruhi pengembangannya.

20161008_145413

Di sisi mesin, Suzuki menjanjikan 202 PS Bro, jelas lebih tinggi dibandingkan Fireblade, ya setara dengan ZX-10R dan BMW S1000RR lah. Suzuki mendapatkannya dengan kop silinder yang didesain baru. Gixxer pun berteknologi Suzuki racing VVT dan suplai bahan bakar dijamin Suzuki top feed injector.  Intake pun didesain baru, hanya saja masih kalah dengan BMW yang velocity stacknya bisa memanjang dan memendek sesuai putaran mesin, punya Gixxer masih konvensional. Meskipun begitu, mereka menjamin power bawahnya tetap handal, sedangkan power atas tetap ala Gixxer tanpa rela mengorbankan predikat mesinnya sebagai mesin superbike juara endurance race!

20161008_145536

Untuk stabilitas, Suzuki mengandalkan suspensi Showa BFF, setara lah dengan ZX-10R, tetapi dibandingkan Fireblade dengan electronic Oehlins suspensionnya, Gixxer jelas kalah merk dan kalah spek. Namun, Gixxer tetap pede dan menjamin, handlingnya tajam dan presisi. Stabilitas ditambah dengan geometri rangka baru dan sumbu roda yang melar. Gixxer baru memang dilengkapi juga dengan lengan ayun baru yang lebih panjang demi mendapatkan traksi yang lebih baik.

Untuk elektronik, Gixxer bisa dibilang lumayan…Monggo digoogle sendiri. Launched control sudah terpasang, aman deh startnya, bisa sangat maksimal. untuk traction control, 10 modus Bro.. detail banget kan.. Cocok untuk berbagai keadaan..KEcuali keadaan ekonomi sulit ya.. Semua ini dikembangkan dari lintasan MotoGP! Oh ya, soal stabilitas dan handling, GSX-RR termasuk di depan kan…

20161008_145503-1

Untuk lomba ketahanan dan juara superbike nasional di berbagai negara, Gixxer memang numero uno, tinggal WSBK saja yang sudah terlalu lama tak bertaji, terakhir juara kan bersama Troy Corser sebelum pembalap Australia itu pindah ke BMW, sudah lama benar… Di Jerman pun, Suzuki sempat berjaya karena Max Neukirchner sebagai pembalap Jerman yang dulu sempat satu tim dengan Max Biaggi di Corona Suzuki cukup berprestasi.

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, Gixxer memang kalah dalam suspensi elektronik dibandingkan Fireblade. Namun, Blog Sesat melihat, di sinilah mereka jualannya..mereka mengincar fans Gixxer tentunya dan para penghobi motor balap yang puritan, yang ga doyan kebanyakan teknologi hehe..Yang pastinya sih, dengan memilih lebih puritan dibandingkan Fireblade, Gixxer tampaknya akan dijual lebih ekonomis dibandingkan Fireblade.

Oke Bro, gitu dulu ceritanya..Selamat menikmati akhir pekan…