Suzuki GSX-R 1000 2017 dengan livery Suzuki MotoGPnya memang sangat memanjakan mata, tampilannya terlihat begitu dinamis dan hidup, semua terlihat manis hinggaaaa ..hingga tiba di knalpotnya yang memang hanya satu muffler, tetapi ukurannya segede nangka!

20161008_145529

Buat saya pribadi, saya suka malah. Belum pernah ada motor standar sepemantauan saya yang punya ukuran knalpot sebesar ini! Bukan hanya cukup panjang, tetapi diameternya itu lho… Silincer knalpot yang saya duga keras berbahan titanium ini lebih mengingatkan kita pada mesin pesawat jet komersial, bukan knalpot motor! Blog Sesat coba menerawang gaib dengan bantuan Ki Gede Anue, mengapa knalpotnya sebesar itu. Ki Gede Anue pun memberikan beberapa poin penjelasan:

  1. Euro 4 membuat ambang emisi makin mencekik. Efeknya bisa dilihat di motor-motor hi performance di knalpotnya. Kalau di motor-motor biasa, tabung tempat katalisatornya seperti tidak ada, toh suplai bensin yang minim dengan injector yang semakin canggih membuat gas buang semakin bersih. Ini beda dengan motor balap! Dengan bensin yang lebih banyak konsumsinya, tentu penyaringan harus lebih maksimal, makanya tabung katalisnya semakin besar! Yang jelas banget di motor macam R1 dan S1000RR. Memang keduanya berknalpot pendek, tapi coba perhatikan, di bawah mesin di depan lengan ayun, masih ada tabung catalytic converter yang berukuran cukup besar dan makan tempat kan?
  2. Perhatikan foto di atas! Suzuki Gixxer 1000 bersih Bro bawah kolongnya. Menurut dugaan keras Blog Sesat, catalytic converternya menyatu semua di dalam silencer segede nangka itu! Nah, cerdasnya adalah, kalau silencer ini diganti dengan silencer slip on untuk keperluan balap, maka leher knalpot sudah layaknya leher knalpot racing tulen, sudah los tanpa saringan ini itu! Artinya, buat mereka yang memang hobi balap, desain knalpot baru ini menguntungkan! Mereka tak perlu beli knalpot full dari header hingga silencer, sebab headernya saja sudah racing banget (bebas catalytic converter)! Coba perhatikan foto Gixxer yang saya duga keras hanya ganti silencer Yoshimura ini (bukan full system):

20161008_1454463. Suzuki mempersembahkan Gixxer 1000 untuk tokoh legendaris. Jika Ducati meluncurkan versi Senna untuk menghormati pembalap F1 legendaris asal Brasil, Aryton Senna, maka pabrikan asal Hamamatsu ini ingin mempersembahkannya untuk Ki Gede Anue. Tentu jelas kan, kenapa knalpotnya segede gitu..