Sepertinya Blog Sesat pernah membahas ini di sini, tapi kita ulang sedikit karena Blog Sesat ingin sedikit menyembunyikan sesuatu dari yang hobinya bakar-bakaran dan tak beretika di dunia maya plus berpikir dosa itu tidak ada hehe..

Sudah sering dong dengar kata ini. Salah satu hal penting untung berbagai pekerjaan, terutama yang harus menilai atau menyebarkan informasi adalah objektivitas. Nah, blogger yang baik harusnya punya hal ini.. yang baik ya, yang ga baik juga boleh-boleh aja tentunya..

Meskipun beraliran sesat, Blog Sesat berusaha memberikan penilaian objektif, tetapi karena sadar apa-apa yang diungkapkan subjektif, maka saya sering pakai ungkapan menurut saya, sepertinya, saya rasa, dan sebagainya. Oh ya, selain itu, itulah salah satu alasan kenapa diberi nama Blog Sesat, jadi, apa yang Bro baca di sini belum tentu benar, dan jika dipercaya 100% bisa menyesatkan…

Dan, meskipun kita merasa objektif, ada hal-hal yang bisa membuat kita sangat subjektif,ya jadi kita termanipulasi sendiri dengan hal-hal yang kita pernah alami, terutama yang baru dialami!

Contohnya, suatu saat saya berpendapat dalam hati saya sejujur-jujurnya:

Tiger motornya besar, suspensinya mantab, torsinya yahud, berasa naik moge!

Itu kejadian bener Bro, karena sudah lama saya tidak naik Tiger! Sehari-hari kalau tidak pakai Honda GL100 ya Suzuki Smash, kadang Thunder 125!

Contoh lainnya dari adik saya. Dia bercerita, akhirnya bisa coba Ninja 250 setelah itu motor terbit sekian lama. Sehari-hari dia naik Thunder 125. Apa komentarnya??

Wah, kecewa aku, gitu doang larinya..biasa aja, ga kenceng!

Aneh kan Bro? Subjektif banget kan…. Saya pikir, dia terlalu tinggi ekspektasinya, makanya jadi bisa bicara seperti itu.

Ternyata, ketika saya ajak bicara lagi, dia rupanya jajal 2 motor. Dan sebelum menjajal Kawasaki Ninja 250R itu, yang dia jajal Yamaha R1! Pantes saja apa yang dia kesankan seperti itu! Kasus ini menunjukkan, dia termanipulasi dengan apa yang baru saja dialaminya, kemudian dia mencoba hal lain yang ingin dia nilai juga!

Oh ya, kenapa Blog Sesat menulis artikel ini? Kita lanjutkan nanti ya..silahkan pelototi dulu cockpit Honda VFR800 ini..,nanti saya kasih tau kenapa…

20161008_133528-1