Kalau ada motor di booth Yamaha di Intermot 2016 yang mau saya beli (ceritanya-red), ya SCR 950. Ada beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan:

  1. Setelah melihat langsung, ternyata motor ini cukup rupawan. Desainnya simple, tapi cukup pas, sederhana, tidak berlebihan dan tidak ada garis-garis tidak perlu di motor ini.
  2. Setelah duduk di joknya, wah, senang, motor ini relatif kecil. Jelas lebih kecil daripada Dragstar 400 ataupun Dragstar 600 yang saya pernah test ride.
  3. Perawakan kecil ditopang mesin V twin60 derajat berkapasitas 942cc, wah, pastinya gesit dan benar-benar Scrambler, tidak seperti BMW R NineT Scrambler yang 220 Kg dan bongsor.
  4. Mesin masih berpendingin udara dengan power dibuat relatif kecil, hanya 52PS! Wah bakalan awet nih… Sekecil-kecilnya tenaga, torsinya masih 79,6 Nm @3000rpm, cukup banget lah…
  5. Motor 5 tingkat percepatan ini buat diduduki cukup rendah, tetapi jarak ke tanah dari bagian terbawah motor masih 145mm, masih cukup tinggi untuk benar-benar menjadi sebuah motor scrambler.
  6. Ban yang digunakan di buritan ban ring 17, lebarnya kalau tak salah hanya 130 atau 140, gampang deh nemuinnya. Mungkin PRnya kalau ban depan kenapa-kenapa karena ring 19.
  7. Penggeraknya pakai sabuk, bukan rantai… Entah apa plus minusnya hehe..tapi tampil beda lah..mungkin juga lebih praktis perawatannya.

20161008_120928

Buat yang mau gagah-gagahan, ini motor kurang cocok. Kaki-kakinya terlalu kecil, seperti yang sudah dideskripsikan di atas. Suspensi depannya pun hanya 41mm, sama sama Yamaha Byson ya??? Rem depan pun cakramnya hanya sebelah..Namun, buat yang doyan dandan, disediakan juga kok 30 macam parts aftermarketnya.

20161008_121136

Namun, motor minimalis ini saya rasa tepat sasaran bagi mereka yang senang motor yang kalem dan mudah perawatan. Soal mesin, ini kan mesin Yamaha XV950 yang sudah banyak beredar..Soal harga, dijamin bakal murah jatuhnya, di Amerika Serikat  8699 US Dollar. Kalau di Eropa ya harusnya masih bisa di bawah itu, bahkan di bawah 8000 Euro.

20161008_120928

Nah, lumayan jauh kan harganya dari BMW R NineT Scrambler yang dibanderol 13000 Euro. Soal tampang, memang kalah, tapi kalau duduk di atas SCR950, wah saya rasa sampeyan bakal berubah pikiran.. Enak, mungil, kebayang ni motor dipakai harian..

20161008_121009