Honda di Indonesia punya kemudahan dalam menjual produknya karena jaringan bengkelnya buanyaaaak…  Namun, beda kasus kalau sampeyan beli Honda RC213V-S hehe… Motor balap Honda (RC) di abad ke-21 prototipe ke-3 ini diklaim 80% sama dengan yang dipakai Marquez untuk menjadi juara dunia 2 kali berturut-turut di 2013 dan 2014. Nah, di manakah bengkel di Indonesia yang bisa menservice motor ini tiap 6000 Km sesuai anjuran? Jangan tanya saya hehe..soalnya di Eropa pun hanya ada 6 bengkel yang ditunjuk Honda untuk membuat motor yang katanya per tahun hanya dibatasi 250 unit ini.

Oh ya, dibatasi 250 unit tentu ada alasannya. Motor extramahal ini (kalau hanya cari power mending beli Kawasaki H2R toh hehe…) hanya diproduksi satu unit per hari di unit khusus pabrik Honda di Kumamoto. Mekanik-mekanik terbaik dan penuh pengalaman merakit motor ini, yang sebagian besar dikerjakan manual, makanya maksimal hanya bisa melahirkan 1 unit RCV per harinya. Sebagai perbandingan, Honda bisa membuat 120 unit CBR1000RR per hari.

Blog Sesat meramalkan melalui Ki Gede Anue bahwa pembatasan ini bukan cuma masalah mementingkan kualitas. Bisa juga Honda ogah malu pengalaman lama terulang. Masih ingat motor Honda supermahal yang terbit tahun 1991, yakni NR750? Nah, dulu katanya limited 1000 unit, tetapi karena harganya yang muahaaaal ga karu-karuan (nanti kita bahas ya..) akhirnya yang terpesan dan dilepas ke pasar hanya 300 unit.

Nah, kalau sekarang kan Honda bilang limited 250 unit dulu… itu tentu lebih bijaksana..toh kalau mau lanjut kan masih bisa..kan ada kata “dulu” hehe…