20161008_111456

Di dunia, dulu sih..ya sekarang anggap saja masih… Benelli dikenal sebagai motor Italia dengan nama besar yang tak bisa dianggap sebelah mata. Nama Benelli tenar lewat ajang balap motor di Eropa, bahkan untuk tahun itu bisa dianggap tak kalah dari Ducati, apalagi dari Aprilia! Bahkan dari tahun 50an,60an dan 70an, Benelli bisa dibilang rajanya motor balap Italia, ya tidak heran, sebab pabrikan ini sudah lahir dari tahun 1911! Sebelum Perang Dunia ke-1 Bro!

Salah satu kehebatannya lagi, Benellilah yang menghadirkan motor massal 6 silinder pertama, yakni Benelli 750 Sei pada tahun 1974, jadi bukan Honda CBX1100 lho yang pertama buat motor 6 silinder sejajar sebagai produk massal.

Produk lainnya macam Tornado juga lumayan, tapi entah kenapa (malas googling), kurang sukses hingga tahun 2005, perusahaan yang didirikan 6 orang bersaudara ini kehilangan jati dirinya sebagai pabrikan motor Italia sejati.

20161008_111504

Perusahaan yang bermarkas di Pesaro dekat Rimini ini dibeli perusahaan Cina, yakni Qianjiang yang juga jualan motor hingga ke Eropa dengan nama Keeway.

Di Indonesia, image motor Italianya sama sekali tak ada rasanya karena sudah umum dikenal bahwa Benelli motor Cina. Sayang sekali kalau melihat sejarah perusahaan ini. Meskipun produk yang ditawarkan fiturnya menggiurkan, konsumen Indonesia tidak berani keluar uang cukup banyak untuk membeli Benelli. Segelintir saja yang berani… Jujur sih, daya tarik motor-motor Benelli yang sudah masuk kategori motor hobi memang amat menggiurkan..tapi kalau beli, artinya jangan mikir untuk dijual lagi!