017_Hertrampf_Ducati_Desmosedici.jpg.3924014

Mbah,mohon terjemahannya buat ini

http://m.speedweek.com/moto3/news/101615/Exklusiv-Warum-Ducati-bald-eine-Moto3-Maschine-baut.html

Berawal dari permintaan Lekdjie, guru spiritual https://mumet-ndhase.com/

Saya coba seadanya saja ya menceritakan kembali isi artikel itu, maklum, lagi sibuk hehe..

Intinya memang ada wacana bagi Ducati untuk membuat motor Moto3! Kalau Moto2, Ducati sudah menolak mentak-mentah karena yang digunakan memang hanya satu mesin, jadi kelas Moto2 bukan untuk promo pabrikan tertentu, tetapi lebih untuk adu kemampuan pembalap dan tim serta mempersiapkan pembalap untuk kelas MotoGP.

Direktur tim balap dan general manager Ducati Corse, Gigi Dall’Igna menyampaikan dalam interview dengan Speedweek bahwa Ducati segera akan membuat motor 1 silinder 4 tak 250 cc untuk bersaing dengan kompetitor macam Honda, KTM, Mahindra dan Peugeot yang sudah turun sebelumnya di kelas Moto3.

Namun, kata segera itu bukan berarti tahun depan, kabarnya masih tahun 2019 mendatang itu motor siap turun. Toh Ducati pernah punya motor 1 silinder 250 cc, Ducati Mach 1, atau dengan kapasitas 500cc, yakni Ducati Supermono. Tentu menarik melihat kelas ini, sebab Ducati terkenal jago bikin motor berpower di atas rata-rata, dan di kelas ini, faktor power tentu sangat menentukan!

Saat ini, Ducati mau konsentrasi dulu di MotoGP dengan kedatangan Lorenzo. Kalau semua berjalan sesuai rencana, baru deh Ducati baru akan fokus ke Moto3. Untuk itu, mereka tentu masih butuh tenaga dan otak tambahan! Mereka tentu juga perlu memikirkan budget dan beberapa hal lainnya. Namun, opa jenius asal Italia ini menambahkan, ia yakin, proyek Moto3 penting tidak hanya bagi Ducati Corse, tetapi bagi Ducati secara umum sebagai perusahaan.

Dall’Igna memandang pentingnya kelas Moto3 untuk memperoleh pembalap yang dari muda sudah bisa loyal dengan Ducati. Menurutnya, kelas Moto3 atau dulu 125 cc sangat penting untuk mengenali Talenta sedini mungkin. Doi bilang, dia sudah kenal Lorenzo sejak Lorenzo masih 15 tahun dan menggeber Derbi 125, doi juga bisa mengenali talenta Iannone saat masih di kelas 125cc.

Nah, kalau sudah punya pembalap Moto3 yahud, Ducati mau bekerjasama dengan tim Moto2 yang bisa dipercaya untuk mengasuh pembalap masa depan Ducati MotoGP selama 1 hingga 2 tahun di atas motor 600cc. Cara ini dilakukan tim lain, misalnya tim SKY VR46-Team yang menitipkan Luca Marini dan Lorenzo Baldassarri di Forward Racing. Cara ini juga dilakukan Aprilia Racing yang menitipkan Sam Lowes di Gresini.

Nah, mengingat pentingnya dan semakin jelasnya cita-cita itu, karena itulah, doi merencanakan, Ducati bisa segera turun di Moto3. Doi menargetkan, paling telat turun di Moto3 tahun 2019. Hmm berarti ada harapan tahun 2018 Ducati sudah turun di Moto3!