Baiklah, kita lanjutkan kenapa jangan beli CBR 1000 RR anyar. Bagi yang mampu dan tak sabar silahkan beli, yang mampu dan masih bisa bersabar, dengarkan dulu bocoran ini. Ya sebenarnya sudah lama isunya bahwa Honda akan menjual kembali motor superbike bermesin V. Kalau tebakan Blog Sesat tak meleset, nantinya motor ini akan diberi nama RFV 1000 atau VFR 1000, ya akan ke arah situ lah…

Begini bocorannya Bro:

  1. Ketika pemimpin proyek Africa Twin, Tetsuya Kudo, mempresentasikan motor enduro yang lama dinanti ini, doi membocorkan bahwa Honda ingin membangkitkan lagi para legendanya. Nah, dari ucapan itu, tentu terbersit Honda RC30! Bukan cuma legenda, Africa Twin generasi awal pun diperkenalkan tahun 1988, tahun yang sama dengan lahirnya RC30.
  2. Ben Purvis, seorang biker onliner yang punya jaringan kuat dengan kantor paten Jepang membocorkan, Oktober 2015 lalu, Honda mendaftarkan tak kurang dari 5 paten untuk sebuah mesin motorsport berkonstruksi V4. Sebelumnya di tahun 2014, Honda sudah memasukkan paten rangka monocoque alumunium, seperti yang dipakai Ducati Panigale. Jadi, mesin V4 Honda nanti juga menjadi bagian atau mengambil alih peranan rangka alumunium twinspar konvensional seperti yang masih dipakai di RCV. Mesin akan mengikat lengan ayun, buritan dan tentunya komstir. Konstruksi ini membuat motor lebih ringan dan lebih murah biaya produksinya dibandingkan rangka RCV yang masih hand made.

Nah, apakah RC213V-S yang sudah dijual bebas akan mengganggu penjualan RVF/VFR 1000 nantinya? RCV yang 250 unit dipasarkan itu dikabarkan sudah ludes terpesan Bro… Nah, Mantan Boss HRC, Tetsuya Suzuki membocorkan, Honda mempertimbangkan membuat motor yang bisa terbeli oleh pembeli biasa (bukan kita maksudnya hikshiks…). Motor V4 ini nantinya akan mengisi segmen antara Fireblade dan RCV! Kalau RCV saja laku terjual, kenapa yang lebih ekonomis ini tidak??? Apalagi kalau kualitasnya nanti akan setara RC30 di zamannya!

Reduce to the Max: Bei der Ducati Panigale übernimmt der Motor Rahmenfunktion, selbst das Federbein stützt sich an ihm ab.

Apakah akan semudah itu membuat motor superior dengan harga terjangkau? Tentu tidak! Coba, kalau kita lihat data sekarang, mau ditaruh di mana itu motor??? Maksudnya begini Bro, beli motor super mahal itu juga tidak asal beli. RCV memang jelas lebih kencang dan lebih ringan dibandingkan motor standar superbike sekarang, tetapi dengan race kit, tenaganya “hanya” 215PS dan bobot hampir 190 Kg! Kalau bukan MotoGP replica, jangan harap orang mau beli! Apalagi membuat mesin superbike sekarang jadi 220 PS mah banyak banget yang bisa, dan bobot turun hingga sedikit di bawah 190 Kg, tentu tak perlu keluar dana hingga lebih dari 20 ribu Euro misalnya. Motor-motor superbike sekarang kan beratnya sudah pada di bawah 200Kg dan tenaga di sekitar 200PS.

Kalau Honda menjual mesin V4 dengan rasa racing, di pasaran sudah ada Aprilia RSV4! Berat kan tantangannya! Namun, sepertinya Honda tetap maju jalan untuk menciptakan versi pahe RCV! Tenaga diperkirakan sudah masuk 200PS, tetapi belum sebesar RCV plus race-kit. Namun, harganya jauh lebih ekonomis. Dan, kalau ingat-ingat kenapa RC30 melegenda, bukan karena secara teknis paling canggih, tetapi karena motor ini seimbang banget! Tergolong nyaman dan serba efisien! RC30 adalah motor yang bisa dibawa sangat kencang dalam jangka waktu sangat lama! (Hmmm maksudnya nyaman dan rider friendly sepertinya-red) Inilah yang akan dikejar motor V4 Honda nantinya! Eh jadi kepikiran, berarti RC30 jadi legenda karena riding qualitynya yang menakjubkan. Pantas belakangan ini Honda lebih sering mendengung-dengungkan slogan total control! Yup, kalau power besar identik dengan Kawasaki dan Ducati, Honda lebih ingin mengedepankan moto total controlnya! Moto yang sebenarnya biasanya melekat di Yamaha sih hehe…

Hondas Supersportler und V4: Das hat seit der RC30 Tradition. Während die Ahnin sich jedoch an den Langstreckenmaschinen orientierte – daher auch die Einarmschwinge –, müssen heute die MotoGP-Bikes das Vorbild der Nachfolgerin sein. Beim Rahmen könnte Honda neue Wege bestreiten.

http://www.motorradonline.de/motorraeder/honda-rc30-blick-in-die-zukunft/710396