Motor listrik di Jerman sudah banyak sekali dijual sejak beberapa tahun belakangan ini, bahkan seingat saya sudah dari sebelum tahun 2009, dan tentu beberapa tahun sebelumnya. Varian yang ditawarkan sangat beragam. Dan, kenapa produsen Jepang macam Honda dan Yamaha perlu bersatu, ya tak lain karena para produsen Cina sangat mengincar segmen ini. Pameran motor-motor listrik Tiongkok di Intermot 2016 membuktikan itu, tapi itu nanti dulu saya tunjukkan ya. Sekarang saya mau tunjukkan Simson Schwalbe versi motor listriknya. Kita singkat saja istilah motor listrik dengan motrik.

Motrik ini entah dibuat di mana, saya tidak selidiki lebih jauh. Di Intermot 2016, ini setahu saya pertama kalinya motrik Simson Schwalbe diluncurkan. Simson sendiri dulu produsen motor Jerman Timur yang banyak memproduksi motor-motor 2 tak berkapasitas kecil.

Nah, salah satu motor legendaris mereka adalah Simson Schwalbe! Bentuk motriknya dibuat semirip mungkin dengan Simson Schwalbe alias Simson alap-alap bermesin 2 tak. Di sini terlihat, produsen berusaha memanfaatkan status Simson Schwalbe yang sangat digemari dan banyak fansnya. Dengan desain sama atau super mirip, dan sah-ssah saja, toh masih satu pabrikan, motrik ini tak perlu banyak adaptasi lagi dengan selera pasar!

Dan saya pribadi suka banget dengan motrik ini. Sayang saya tak sempat karena buru-buru waktu itu. Penasaran juga, apakah bodinya benar-benar logam layaknya versi 2 taknya. Kalo ya, wah layak diincar banget, meskipun harganya tidak bisa dibilang murah sih, 5000 Euro Bro, masih lebih mahal dibandingkan Kawasaki Ninja 250 di sini.

Oh ya, gosipnya, partai yang berkecimpung dengan usaha perlindungan lingkungan sedang ingin menggoalkan undang-undang baru tentang lingkungan hidup terkait dengan kendaraan. Kabarnya, die Grünen menghendaki, mulai tahun 2030 tidak ada lagi produksi mobil bermesin bakar. Mobil-mobil tahun 2030 semuanya haris berpenggerak motor listrik! Tak heran. makin banyak produsen yang menggiatkan risetnya di bidang ini.

20161008_122728

Gimana? Keren kan motrik yang setelah 30 tahun lalu stop produksi ini hadir kembali. Perusahan pembuatnya bernama Govecs, produsen skuter asal München yang berkedudukan di Berlin. Motrik ini sendiri diproduksi di Breslau, (entah nama kotanya dalam bahasa Indonesia hehe) Polandia.

Soal top speed, memang hanya 47 Km/jam. Namun, daya jangkaunya sudah lumayan, bisa lebih dari 100 Km Bro… Jika baterai habis, maka butuh waktu 2 jam untuk mengisi hingga dapat 80%. Kalau mau 100% harus tunggu sampai 5 jam.

20161008_122542

Soal daya tahan mesin dan kelistrikan tak perlu dicemaskan. Si produsen kerjasama dengan perusahaan Jerman juga kok. Siapa tak kenal Bosch??? Mas Boy saja kenal hehe…Kalau baterai habis, pemilik tinggal colok ke colokan listrik biasa, sama kok kaya di Indonesia, 220-240V. Jangan kuatir kesulitan, kabel di bawah joknya itu panjangnya 8 meter.

Soal teknologi, tak kalah dengan motor-motor superbike atau supersport teranyar! Ini motor dikasih 5 modi! Jadi kalau CBR punya comfort, sport dan sport+, Schawlbe punya 5 Bro! Padahal powernya kecil hehe..terlalu canggih sih.. itu kompensasi dari teknologi beterai sepertinya, sebab motrik harus cerdas agar tak kehabisan energi di jalan! Bahkan modusnya yang terpelan disebut “crawl” alias merangkak hehe…

20161008_122711

Oh ya, motor yang hanya bisa dipesan di internet ini nantinya juga menjanjikan kemudahan service! Kabarnya, mekaniknya bisa datang ke rumah! Hmmm.. Keren juga ya.. Menurut Blog Sesat, sebenarnya ada 2 keuntungan! Bukan hanya menggiurkan bagi pemilik karena mekanik datang ke rumah yang berarti sangat memudahkan dan tak perlu keluar waktu untuk ke bengkel dan antri di bengkel, tetapi juga menguntungkan bagis produsennya sendiri! Mereka tak perlu keluar biaya untuk operasional bengkel! Ini perlu dipertimbangkan oleh produsen motrik nasional!

20161008_122605

Kita nanti saja masa depannya. Blog Sesat sih optimis ini motor banyak fansnya. Saya aja ngefans hehe… Apakah motor ini sesukses versi 2 taknya yang 1964-1986 diproduksi di negara bagian Thüringen di kota Suhl yang terjual lebih dari 1 juta unit? Kita tunggu 30 tahun lagi ya hehe…Yang minat, mulai 2017 motor ini bisa dimiliki!