20161022_111130

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di akhir pekan adalah jalan-jalan. Salah satu tujuan yang bisa ga keluar duit sama sekali, tetapi seru banget adalah jalan-jalan ke pasar loak. Di Bochum, ada hari Sabtu tertentu diadakan pasar loak. Jaraknya hanya 2 halte dari RUB (Ruhr Universitaet Bochum).

20161022_111153

Beda dengan pasar loak Indonesia yang mayoritas isinya pedagang, pasar loak di Jerman biasanya campuran warga biasa dan pedagang. Jadi biasanya orang bawa mobil dan barang-barang di rumah yang ingin dijualnya. Apa saja bisa ditemukan di sini. Mulai dari yang keren banget, sampai yang zonk banget hehe.. Kadang ketawa geli sih, sampai hal-hal yang sebenarnya sudah seperti sampah masih dijual.. Ya tapi di situ serunya, apa yang buat seseorang sampah, mungkin buat orang lain berguna dan bisa ditebus dengan harga murah.

20161022_111147

Dulu sih saya senang sekali cari-cari barang ke pasar loak.. Ya lagi di Indonesia juga begitu..kadang suka ke Poncol, Senen hehe… Di situ kita bisa merasa beruntung, dan yang namanya cari peruntungan seru kan…daripada main judi, mending main-main ke pasar loak. Kadang ada koleksi motor-motoran atau mobil-mobilan, DVD, CD, perhiasan, kamera, dan souvenir-souvenir keren! Buat bikers, kadang ada jaket, sepatu dan helm! Yup, tapi untung-untungan… Di situ serunya bukan?

Menarik juga sih kalau sampai ada konsep seperti ini di Indonesia. Jadi, yang dagang bukan pedagang saja, tapi benar-benar warga biasa. Mereka bayar juga sih, kalau tak salah 6 atau 7 Euro untuk parkir dan jualan setengah hari. Siapa yang duluan datang, dia bisa pilih tempatnya. Kadang pesertanya anak-anak yang jual mainannya.

Serunya juga, di sini kita bisa ngobrol-ngobrol…

20161022_115059-1

Dan kadang lihat yang aneh-aneh. Misalnya anjing ukuran super besar! Tuh lihat, itu orang Jermannya tingginya 185 cm lebih lho… Anjingnya seperti serigala, saya kira Taylor Lautner lagi jadi serigala hehe…

20161022_1146181

Nah, ini salah satu jualan paling menarik, DRONE! Drone termurah yang pernah saya lihat. Yup, kalau dulu teman saya mendemonstrasikan dronenya yang berharga belasan juta, pedagang asal Pakistan ini menawarkan Drone buatan cina dengan harga 35 Euro saja! Asli, ga sampai 500 ribu sudah dapat drone. Bahkan tambah sedikit, ada yang sudah dilengkapi kamera, meskipun cupu, hanya 1 megapixel.

Kalau mau mainan lebih murah lagi, bahkan helikopter remote control dijual cuma 15 Euro Bro… Hampir saya beli…Cuma, karena nanti tengsin maininnya, saya tak jadi beli hehe….

Iklan