Judul yang aneh? Buat kita sih ya..toh pabrikan Jepang sendiri tampak belum siap untuk memproduksi motor listrik alias motrik dengan kapabilitas yang bisa sangat bersaing dengan motor bermesin konvensional, terutama dalam urusan harga dan jarak tempuh! Namun, kita sudah bisa lihat itu akan terjadi, ya kalau Jepang tak siap-siap dan segera mematangkan motrik mereka… Yup, judul yang aneh karena memang masih imajinasi hehe..

20161008_112301

Nah, di sini Cina tampak selangkah lebih maju. Bukan dalam urusan teknologi sih, tentu tak semudah itu, tapi paling tidak mereka sudah mulai banyak produksi dan menjual motrik! Harganya pun terbilang ekonomis dan menawarkan keunggulan ekonomis dan ekologis bagi pembelinya! Buat pasar Asia tentu masih sulit tembus, sebab paradigmanya, beli motor ya yang kencang, irit, ga aneh-aneh, sedangkan motrik masih dianggap belum bisa menggantikan peran motor konvensional. Bahkan kadang masih tampak seperti mainan… Artinya, yang kelebihan rejeki aja yang akan beli motor listrik!

20161008_112545

Bagi Cina tentu mudah membuat motor listrik murah, toh bahan baku berlimpah dan mereka punya sumber daya manusia yang berlebih. Kirim saja banyak mahasiswa belajar teknologinya ke negara-negara maju yang universitasnya punya koneksi bagus dengan industri… Nah, tanpa banyak perlu keluar dana untuk riset, Cina sudah punya teknologi yang terhitung matang..lah, kan sumber pengetahuannya dari universitas hehe..

20161008_112512

Seberapa lebih majunya Cina secara kuantitas dibanding Jepang, bisa disaksikan di hall khusus motrik di Intermot 2016.

20161008_115055