20161008_115917

Zaman dulu paling gampang kalau disuruh taruhan, motor mana yang lebih kencang, MotoGP atau motor WSBK. Bahkan di tahun 2007 saat motor MotoGP yang tadinya 990cc dikecilkan kapasitas mesinnya jadi 800cc, kecepatan motor MotoGP masih 1 hingga 2 detik lebih unggul! Padahal sih katanya power mesin motor WSBK 1000cc sudah lebih besar dibandingkan motor MotoGP! Kalau dipikir-pikir logis sih, toh MotoGP jauh lebih ringan! Motor MotoGP pun jauh lebih mahal..entah seberapa jauh, sebab siapa sih yang tahu pasti harga motor MotoGP? Yang pernah saya baca justru harga motor WSBK. Ten Kate jualan motor dengan spek sama dengan motor sang juara dunia, James Toseland! Ten Kate menjual CBR1000RR Ten Kate spek WSBK seharga 80.000 Euro. Sebagai pembanding, Ducati Desmosedici yang dijual di pasar bebas dibanderol 61500 Euro! Kalau spek racing mah jangan tanya hehe…

Nah, sekarang bagaimana? Mulai susah ya untuk memprediksi, tak ada jaminan MotoGP pasti lebih kencang, terlebih habis ramai berita minggu ini, saat ZX10R Rea lebih kencang dari catatan waktu motor MotoGP papan menengah ke bawah yang sama-sama test di Jerez. Namun, dibandingkan dengan best lap Valentino Rossi di race, catatan Rea lebih kencang! Meskipun dibandingkan best lap Jorge Lorenzo masih kalah…

Ujung-ujungnya, susah juga membandingkannya kalau kedua motor tak diduelkan dalam saat dengan kondisi yang sama. Kita kan mau tau juga, selayak apa sih ngabisin duit banyak banget untuk motor MotoGP, kalau catatan waktunya sudah tak lebih baik dibandingkan WSBK?

20161008_150747

Tentu tak semudah itu… Blog Sesat tetap yakin, MotoGP lebih kencang, hanya saja seberapa jauh lebih mahal memang tanda tanya. Yang menghambat MotoGP adalah regulasinya (meskipun WSBK juga punya regulasi). Untuk itu, harus dibaca benar tuh regulasi, masalahnya, saya sibuk wkwkw….

Sebagai hiburan, kita bandingkan saja harganya sekarang ya. Patokan kita tentu Honda RC213V-S yang juga dijual bebas.

20161008_133552

RCV ini dengan racing Kit menghasilkan tenaga 220 PS, ya kalah lah dengan motor WSBK ZX-10R yang 240 HP lebih..itu data tahun 2013! Sekarang bisa jadi sudah mendekati 250 HP! Berapa harga motor ZX-10R milik Johny Rea? 250.000 Euro Bro… sudah 50.000 Euro lebih mahal dibandingkan RCV plus racing kit! Dan ini baru wajar sih, karena RCV versi jalanan tak pakai klep pneumatic dan tanpa seamless gearbox, dua hal yang bikin harga motor MotoGP melambung tinggi.

Nah, kalau melihat perbandingan ini, ya jelas kan, kalau memang kedua motor dari WSBK dan MotoGP semakin selevel. Toh harga motor WSBK yang tanpa klep pneumatic dan seamless gearbox di level yang sama.

Pastinya ZX-10R memang motor juara! Dengan pembalap berparas dan karakter berbeda, motor ini bisa juara dunia. yup, Rea yang kaya Jorge Lorenzo dengan gaya cornering speed yang tinggi dan Sykes dengan gaya mengerem brutal dan cepat buka gas bisa difasilitasi oleh sang dominator baru: Kawasaki Ninja ZX-10R.