Bro sekalian… BMW dengan mesin boxernya memang legendaris. Di dunia balap pun sempat sukses, maklum, dulu kan motor Jepang belum ganas, paling musuhnya sesama motor Eropa, terutama dari Inggris dan Italia. Nah, dulu juga boleh pakai kompresor hehe, makanya BMW sempat jaya di ajang balap motor jalanan.

Hari gini, mesin Boxer paling powerful ya cuma BMW HP-2 yang pernah kita bahas. HP-2 dikabarkan mempersiapkan penggemar BMW untuk tak kaget saat BMW S1000RR lahir, yup, akhirnya BMW punya mesin real superbike. Mesin boxer memang tak akan bisa kompetitif untuk balap superbike modern, karena terlalu berat dan terlalu lebar! Powernya pun tidak meledak-ledak karena rpmnya tergolong rendah! Lebarnya membuat mesin boxer tak aerodinamis dan membuat level kemiringan motor jelas sangat terbatas.

Meskipun begitu, untuk touring, ini juaranya.. Maklum, karakternya mantab, lembut bertenaga daaan panjang umur! Titik berat yang rendah pun membuat motor bermesin boxer relatif tak mengintimidasi saat diduduki bikers yang kurang tinggi badannya. Ya, kecuali memang motornya tinggi macam GS hehe…

Yang keren sih ketika boxer dibuat seminimalisir mungkin ala-ala boxer balap..wah, ganteng… Inilah yang banyak dilakukan oleh penyedia parts aftermarket spesialis BMW macam Wunderlich dan Hornig. Melihat kesuksesan mereka, tak heran, BMW sendiri makin ke sini makin senang menjual varian R NineT dengan turunannya…

20161008_113015

20161008_113007

20161008_113854

20161008_114106

20161008_113911