Sebenarnya kalau boleh memasukkan kendaraan bekas ke Indonesia secara legal tanpa hak-hak istimewa tertentu, moge second bisa dipastikan banyak yang mau import. Maklum, di Indonesia harganya lumayan, meskipun berstatus bodong! Tipe-tipe macam BMW boxer dan Harley Davidson sih yang biasanya menguntungkan. Sedangkan moge-moge Jepang tahun 1990an dan 2000an awal tak terlalu menguntungkan, makanya yang dimasukkan biasanya parts limbahnya saja, terutama kaki-kaki.

Di Jerman, moge-moge setengah tua itu bisa dibilang murah, meskipun ada negara lain yang lebih murah. Dengan duit hanya 1000 Euro, Bro boleh pede cari moge tahun menengah di Jerman. Tentu kondisinya perlu pembenahan, tapi layak jalan banget kok! Ngidam moge macam Kawasaki ZX-7R atau CBR900RR, ya tambah beberapa ratus Euro lagi dapat lho..

Oke, kembali ke judul… Jadi yang di Jerman itu mahal motor apa? Ini dia:

img_20160827_010534

Vespa 2 tak, terutama yang klassik itu mahal Bro… Harganya masih lebih tinggi dibandingkan dengan moge-moge tahun tua itu.. Vespa 2 tak, terutama yang tahun tua, kadang dijual mesinnya saja.. Nah, cuma mesinnya saja harganya bisa 1000 Euro lebih, padahal tidak istimewa, hanya Vespa 2 tak biasa yang kita bisa peroleh di Indonesia dengan harga di bawah 10 juta!

img_20170105_193359

Nah, bagaimana kalau dibandingkan motor klassik 4 tak? Di sini kita tak bisa generalisir. Kalau motor klasik 4 tak macam CB kapasitas besar tahun tua atau motor-motor 4 tak keluaran Jerman, Italia maupun USA, ya harga Vespa-Vespa 2 tak ini kalah. Namun, jika dibandingkan dengan CB 200, CB250 yang di Indonesia harganya lumayan mahal, ternyata Vespa-Vespa 2 tak berstatus motor biasa, bahkan motor kere di Indonesia, masih lebih mahal! Ya, itu karena CB200 atau CB250 di Jerman jumlahnya jauh lebih banyak!

Intinya, bersyukurlah Vespa 2 tak tahun 80an atau 90an di Indonesia murah… Karena yang murah di kita, ternyata di belahan negara lain mahal hehe…

Iklan