Pernah tau yang namanya Yamaha Touch 125 dong? Motor berbobot 103 Kg dengan mesin 2 tak 125cc tenaga 24 HP@8500rpm yang difasilitasi gearbox 6 tingkat percepatan.. Ih ngeri kalo ketemu dan duel dengan motor ini di jalan!

DSC08428

Nah, saya mau cerita duel dengan motor ini menggunakan Tiger Hitam saya saat dia masih kenceng-kencengnya. Kejadiannya mungkin di tahun 2002 atau 2003, lupa hehe… Yang jelas pulang kampus sekitar jam 12 siang di jalan TB. Simatupang ke arah Ragunan. Jalan kosong melompong, panjangnya ya entahlah, yang pasti lebih dari 1 km.

Ceritanya Touch 125 warna hijau berknalpot racing berputar sebelum rel kereta, dia datang dari arah Ragunan, sedangkan saya baru masuk TB Simatupang dari arah Lenteng Agung. Nampaknya rider Touch sedang ngetes motornya, terdengar selepas putaran dia langsung tancap gas, wuiiih bunyinya nyelekit padet, jelas bukan standar! Tiger Hitam yang ada 10 meteran lebih pun ikut semangat, apalagi jalan kosong melompong, jadi benar-benar murni adu tenaga mesin! Kesempatan langka, maklum, ketemu Touch langka banget, sekalinya ketemu, yang sudah tune up!

Oh ya, kenapa saya berani nguber hanya bermodal Tiger berknalpot racing dobel ala GP500, korek karbu, koil mobil dan kipas di airbox? Karena saya dongo haha…. Saya tak pernah baca spek Touch 125! Saya tak tau tenaganya 24 HP, beratnya hanya 103 Kg! Intinya saya bego juga sih haha… Kalau tau begitu, mana mau ya, ga level… Namun, Tiger Hitam saat itu cukup kencang kok.. dari 0-120Km/jam masih sedikiiiit lebih kencang dari Ninja 150. Jadi, kalau ketemu RX-King korek standar, masih sering menang lah…Nah, saya pikir, ini motor kan 125cc 2 tak, harusnya ya tak lebih kencang dari Ninja 150, begitu pikir saya dulu..

Kembali ke adegan mengejar Touch 125! Flying start dari kecepatan sekitar 40Km/jam, intinya sih performa kedua motor sama, walaupun Tiger di awal agak sedikit tertinggal…masuk 120 Km/jam, Touch masih di depan.. tetapi, pelan-pelan Tiger mendekat..saat liat speedometer, eh sudah di atas 135 Km/jam… dan akhirnya sedikit setelah melewati belokan ke arah Jagakarsa, Tiger Hitam melewati Touch 125 tune up wkwk…. Pemilik Touch 125 pasti keder dan bakal minta motornya dikorek lagi…

Nah, sampai di lampu merah Ragunan, kami berdua berhenti, saya di pojok kiri, dia di kanan. Begitu hijau, Touch 125 langsung digeber full… Saya pun coba mengejar, tetapi sampai mendekati lampu merah Trakindo, Touch tak terkejar, Tiger Hitam jauh tertinggal….dan Touch berputar lagi balik arah ke Pasar Minggu…(ketara lagi ngetes motor ya..). Jadi, kalau start dari 0 Km/jam, Tiger Hitam tak berdaya hehe…jauh Bro..kalah start, Tiger kegendutan, sedangkan Touch tak lebih besar dibandingkan bebek, saya melihatnya seperti NSR150R ukuran mini..

Oh ya, sekarang-sekarang kalau baca di blog-blog, Touch 125 bisa tembus 150Km/jam bahkan 160 Km/jam, ya entahlah..kalau saya tau waktu itu, mungkin tak saya kejar,,ga level hihi.. Namun, kenyataannya, di 135 Km/jam lebih, Touch 125 tune up itu sudah kesalip sih…Dan itu tune up tanpa ada gejala mengendurkan gas ya..

 

*Maaf tidak punya foto Touch 125..Foto Tiger pun saat dia sudah tobat wkwk…

Iklan