20161008_113448

Aprilia RSV-4 adalah salah satu motor superbike terbaik dengan harga yang sebenarnya ekonomis! Ini motor bisa dibilang sangat mirip dengan MotoGP dan ditawarkan dengan harga murah untuk apa yang didapatkan. Entahlah versi yang mana, sejak awal diluncurkan sampai sekarang, desainnya seperti begitu-begitu saja, dalam artian positif ya, artinya memang karakternya sudah ketemu, ada versi-versi termutakhir dengan tenaga sampai setara motor WSBKnya. Bahkan konsumen akan didampingi mekanik untuk memperoleh setting optimal! Kalau zaman dulu setting cuma main suspensi, ban, knalpot atau hal-hal yang hardware saja, kini yang sifatnya software makin tak bisa dikesampingkan.

Saya pernah baca artikel tentang hebatnya setting elektronik di motor superbike modern. Ketika dipakai untuk mencapai lap time terbaik tanpa setting elektronik, RSV-4 sudah cukup cepat. Nah, si media ini membandingkan, betapa besarnya peranan setting elektronik di balap sekarang. Ketika motor dilepas kembali di lintasan dengan setting elektronik yang diperoleh dari tim WSBK Aprilia, beda signifikan pun tercapai! Berapa bedanya? 2 detik Bro! Itu nyaris sebesar jarak antara motor superbike dan supersport! Nah, superbike tanpa setting elektronik (software) dan yang disetting sesuai dengan data telemetri yang dimiliki tim WSBK pabrikan, bedanya setara dengan motor supersport ketika diadu dengan motor superbike di sirkuit!

Kok jauh bener??? Agak ga logis ya..tapi segitu bedanya… Kalau kita tau, bahwa settingan itu memang super detail, baru kita bisa pahami… Jadi level settingan elektronik sekarang itu bukan cuma sebatas si pembalap mau tenaga puncak di putaran berapa dan power deliverynya bagaimana, atau cuma sebatas setting traction control, wheelie control, launch control yang hanya bisa diubah ketika motor masuk pit! Bro bayangkan, untuk tiap tikungan, setting elektroniknya sudah ada! Jadi karakter motor untuk tiap tikungan itu sudah disesuaikan! Masuk tikungan 1 akan beda dengan masuk tikungan selanjutnya, sesuai dengan kecepatan, kemiringan, grip ban dan sebagainya. Nah, kalau tiap tikungan dicari maksimalnya, makanya jaraknya itu bisa 2 detik untuk 1 lap. Makanya data untuk pengembangan setting elektronik ini sangat mahal..

Nanti kita lanjutkan lagi ya…

Iklan