Judul yang merupakan sebuah pertanyaan yang tak mudah dijawab. Beda dengan Vixion di awal kemunculannya yang jor-joran fitur dan teknologi dengan harga “kebeli”, harga R15 generasi ke-3 ini sudah tidak seekonomis Vixion di kala kemunculannya. Jelas tidak bisa ekonomis, R15 benar-benar naik kelas! Naik kelas ya jelas ga gratis Bro.. Yamaha kan perusahaan, bukan yayasan wkwk…

Berapa banderol R15 jilid 3 ini? Ada yang bilang 34 jutaan ya… Menurut Blog Sesat, itu super ekonomis! Dengan segala kelebihan fitur, kekuatan mesin, tampilan dan teknologinya, 34 jutaan itu harga yang murah! Dijual 40 jutaan pun masih murah! Tidak percaya? Coba kita lihat perbandingannya dengan Yamaha R3 dan Yamaha R-125 di Jerman ya… R3 pastinya lebih mahal dooong dari R25. Berapa harga Yamaha R3 di Jerman?

Harganya 5695 Euro. Kita bulatkan jadi 5700 Euro ya… 5700 Euro itu dapat mesin 300cc dan pengereman yang sudah ABS juga.

Nah, R15 generasi ke-3 ini sudah layaknya seperti motor yang sejak tahun 2008 begitu diimpi-impikan bikers di Indonesia (Mungkin munculnya sebelum 2008, tapi saya ingatnya tahun segitu-males googling.de), yakni Yamaha R-125 bisa dibilang sudah tak lebih canggih sekarang dibandingkan R15 3.0. Bahkan R15 dibekali mesin yang jauh lebih bertenaga.

Soal tampang, tinggal masalah selera sih… Buat Blog Sesat, R-125 tetap lebih sporty dan lebih “Yamaha”. Nah, berapa harga R-125 di Jerman? 5195 Euro Bro! Kita bulatkan jadi 5200 Euro ya… Nah, kebayang kan, bedanya hanya 500 Euro dibandingkan kakaknya yang kapasitas mesinnya lebih dari 2xlipatnya! Yup, R-125 memang motor mahal! Coba kalau yang dijual di Jerman R25, bisa-bisa harganya sama atau sedikiiit lebih mahal dibandingkan R-125!

Dari perbandingan itu, kalau misalnya jadi dijual 34 juta atau di bawah 40 juta, itungannya ya murah banget! Eits…murah banget kalau dibandingkan ya, bukan murah banget buat mayoritas masyarakat Indonesia..

Berhubung R15 memang bukan motor entry level, dan bahkan bisa dibilang premium banget di kelas 150cc, Blog Sesat meragukan motor ini akan membawa Yamaha menguasai pasar motor batangan seperti saat Vixion generasi awal terbit! Lihat saja Ninja 250 di awal kemunculannya..selaris-larisnya, bahkan sampai sekarang, Kawasaki tidak akan menguasai market share motor batangan keseluruhan, meskipun di kelas 250cc lama sekali merajai!

R15.3 dalam Terawang Gaib Ki Gede Anue ini nantinya sepertinya akan seperti itu:

  1. menguasai balapan: bisa banget
  2. menguasai polling motor impian 150cc: hampir bisa dipastikan juaranya
  3. menguasai kelas sport full fairing 150cc: bisa banget
  4. membuat Yamaha menguasai kelas 150cc dan sport batangan: lumayan berat, tapi akan lebih baik daripada sekarang
  5. membuat Yamaha menguasai pasar keseluruhan: masih jauh

Yup, kalau tujuannya juara di kelas fairing 150cc di berbagai lini, hampir bisa dipastikan tercapai. Namun, kalau mau meningkatkan market share secara menyeluruh, tetap harus jual motor yang ekonomis dan menarik di kelas entry level: Harus ada penerus Vixion dan Mio generasi awal.

Sekian artikel sotoy ini, mohon tidak dilaporkan ke pihak berwajib!

Sumber gambar dan harga:

http://www.motorradonline.de/motorraeder/preise-yamaha-modelljahr-2017.809648.html?backlink=mrd-809610#gallery-23

 

 

Iklan