20161008_113653

Mari kita lanjutkan ceritanya, bagaimana akhirnya Yamaha Jerman bisa menundukkan BMW yang sejak tahun 2009 bercokol di singgasana tertinggi pasar motor Jerman. Jadi, dari Januari 2016 sampai November 2016, kedudukan tertinggi masih di tangan BMW dengan 23.247 unit Yang terjual, sementara Yamaha masih menempel dengan 20.874 unit. Beda 2000 unit lebih buat pasar Jerman itu ngubernya susah Bro… Misalnya, di posisi ke 2 motor terlaris adalah Yamaha MT-07 Yang dalam setahun hanya terjual 3397 unit! Kalau GS di nomor 1 dalam setahun hampir 7000 unit terjual, jauh jaraknya…

Nah, tanpa diduga, di bulan Desember 2016, Yamaha seperti dibekali NOS, langsung melejit dengan menjual 3491 unit! Buat karakter pasar Jerman, ini fenomena banget, dianggap tak normal! Terlebih lagi di bulan Desember, orang hampir tak ada Yang beli motor baru di tengah-tengah musim dingin… Nanti menjelang musim semi, baru orang mulai lihat-lihat motor-motor baru atau second!

20161008_120118

Nah, diduga, mayoritas kendaraan yang terjual itu dijual dengan Tageszulassung..apa ya itu bahasa Indonesianya?? Jadi seperti dijual dengan izin harian gitu Bro, Yang beli bukan konsumen langsung, tapi dealernya. Dengan cara ini, harga motor akan jadi lebih murah, karena saat dijual ke tangan pembeli, statusnya motor second. Jadi, tangan pertama ya si penjualnya/ dealernya. Keuntungan bagi konsumen: motornya murah! Kerugiannya: kalau diurus asuransi, agak lebih mahal karena statusnya motor bekas, meskipun motornya kinyis-kinyis! Garansi pun terhitung Saat motor dapat Tageszulassung itu, kalau nganggur di dealer sampai 6 bulan, artinya garansinya ya otomatis berkurang 6 bulan. Buat dealer, menguntungkannya karena lebih mudah menjual motornya karena harga lebih murah itu. Keuntungan bagi produsen adalah: produknya terkesan laris! Dan ada hitung-hitungan apanya lagi gitu yang urusannya sama statistik lembaga tertentu.Di Indonesia sepertinya ada juga kann fenomena ini, hanya saya tak paham namanya apa..

20160903_195130

Oh ya, gosipnya juga, motor yang dilego dengan cara ini yang masih Euro 3 untuk menghindari aturan tahun 2017 yang mulai memberlakukan Euro 4.

Ya, BMW boleh saja geregetan, tapi race sudah berakhir, dan Yamaha menang Tipis.. ibarat kekalahan Marquez oleh Lorenzo di Mugello 2016 ya hehe…

Iklan