20170129_085405

Saat sedang melihat-lihat Ebay karena iseng, saya melihat sebuah iklan yang menjual sebuah Vespa Sprint keluaran tahun 1967 dengan kondisi sangat bagus. Melihat harga yang diminta, yakni 4000 Euro, saya lumayan terkejut. Memang Vespa 2 tak di Jerman itu mahal, itu saya sudah paham, tetapi kalau bedanya berapa pasnya, tentu saya perlu membandingkan.

Saya tanya saja teman yang memang hobinya Vespa dan kakaknya juga punya vespa Sprint dengan warna yang sama. Entah tipenya sama atau tidak, tetapi 2 tahun lalu atau 3 tahun lalu, Vespa Sprint itu dibeli seharga 6 jutaan.  Berapa sih harga Vespa Sprint sekarang? Menurut teman saya, sekarang pasarannya kalau rapih 10 jutaan. Kecuali model yang berikut ini nih:

img-20170130-wa0001

Nah, itu katanya Sprint S, ini yang mahal. Bedanya di logonya Piaggio yang garis miring gitu. Dan ada tulisan Vespa S ya, sedangkan yang Sprint di Ebay tanpa huruf S. Entah apa lagi bedanya dan berapa harga pasaran Vespa Sprint S.Yang Jelas, memang terbukti, di Indonesia harganya 10 jutaan, dan di Jerman bisa 4000 Euro alias lebih dari 50 jutaan.

Fenomena harga Vespa mahal di Jerman bisa dilihat juga di 2 contoh iklan Ebay berikut ini, ada yang jual dari luar negeri:

Yup, meskipun Vespa ini tidak original (model tua dikasih mesin New PX 150), tetapi masih laku di Ebay. Meskipun saya curiga sih, masa dari India, tetapi tidak disertakan ongkos kirimnya?? Sedangkan yang di Jerman saja minta ongkos kirim 200 Euro.

