20170207_190944

Jika diminta sebutkan 2 merk lem, Blog Sesat memprediksi, UHU akan berada di salah satu merk yang disebutkan, setelah Aibon hehe…Sebenarnya agak lucu juga, saya baru nyadar lem bening teman Kita prakarya zamannya sekolah dulu ini ternyata buatan Jerman. Sadarnya bukan karena lihat bungkusnya. Saya cek bungkusnya belakangan. Saya menyadari justru dari sebuah mata kuliah bertema morfologi aka pembentukan kata dalam bahasa Jerman. Sama dengan orang Indonesia yang sering menggunakan merk tertentu untuk mewakili produk-produk lain sejenis, di Jerman juga ada fenomena bahasa yang sama. Dalam Linguistik Jerman, fenomena ini disebut Deonymisierung.

Bingung? Begini, dengan contoh pasti lebih mudah. Misalnya, zamannya Kita masih kecil dan belum ada Indomart/Alfamart dan sebangsanya, orang tua kita kadang menyuruh kita ke warung. Nah, mereka minta dibelikan: Indomie, Aqua, Softex, Pampers, Odol dan Baygon. Nah, merknya ga harus merk yang saya sebutkan itu kan…Itulah Yang disebut Deonymisierung. Nah, di Jerman, UHU punya status macam produk di Indonesia yang saya sebutkan itu.

