20161008_133449

Waktu ketemu Honda VFR800F ini di Intermot Köln 2016, saya merasa ini motor kalem sekali dan biasa saja. Maklum, di dekatnya ada RC213V-S dan Fireblade anyaaaar.. Saya baca-baca, motor yang dibanderol 1190 Euro ini tak mudah dijual, bahkan ketika harganya lebih murah 350 Euro dibandingkan model sebelumnya. Bukan karena VFR 800 F yang sekarang generasi ke 6 ini ada saingannya, yakni BMW F800 GT dan Triumph Sprint GT plus Kawasaki Z1000SX. Belum lagi saingan dengan motor bekasnya haha..maklum, di Eropa kabarnya ada 75000 unit VFR yang generasi terbarunya ini punya sebutan lain RC79.

20161008_133500

Sebenarnya kalau dilihat-lihat keren juga sih, masih ada arwahnya RC30 atau RC45 di motor ini. Dan bahkan saudara jauhnya, NR750 pun juga mengusung mesin V yang saat ini versi racingnya tentu ada di RCV. VFR800F yang kapasitas tankinya dikecilkan 0,5 liter jadi 21,5 liter tetap diklaim bisa menempuh jarak yang sama, diklaim 457 Km! Yup, motor berteknologi V-TEC ini memang irit. Di bawah 7000rpm, hanya 2 klep per silinder yang terbuka demi efisiensi, pas menembus 7000 rpm, baru ke-empat klep per silinder melayani dahaga ruang bakarnya. Oh ya, perawatan spesial VTEC ini perlu tiap 25000 Km dan dikatakan makan waktu sampai 5 jam. Hmmm.. ga murah berarti… Tapi, untuk sampai 25000 Km, di Jerman mah makan waktu bisa bertahun-tahun.

Meskipun motor touring, powernya yang 106PS@ 10.250 rpm dan torsi maksimum 75Nm @8500 rpm ini cukup banget lah. Kapasitas mesin 782 ccnya sanggup mengantarkan motor berbobot 245 Km ini dalam 3,6 detik dari 0 ke 100 Km/jam. Top speed 242 Km/jam pun dirasa cukup buat motor yang dianggap supernyaman ini.

20161008_133528-1

Oh ya, motor berkopling hidolik, jok bisa ditinggi-rendahkan dan berteknologi fly ride by wire ini dikenal rapi dan manteb finishingnya. Masih ingat kenapa saya bilang GSX-R125 buatan Suzuki di Tambun tidak rapih? Nah, itu gara-gara sebelumnya saya habis ngulik RC79 ini! Lihat sendiri, haluuuus bin rapi… Oh ya, kualitasnya cukup awet, coba nih bandingkan dengan satu-satunya moge yang ada di Hamm Oldtimermarkt kemarin:

20170226_113810

Entah, apakah ini generasi pertama (RC46) atau bukan… Namun kelihatan banget ya masih kinclong dan segar!

20170226_113816-1

Sampai kaca-kacanya masih bening kaya ga pernah kena hujan haha.. Soal mesin mah jangan ditanya. VFR series dikenal awet Bro, umur mesin yang bisa sampai 200.000 Km lebih bukan hal aneh buat penerus RC-series ini.

*Data VFR800F yang saya ambil dari sumber adalah edisi 2014, belum tentu sama dengan yang di foto.

Sumber: http://www.motorradonline.de/einzeltest/honda-vfr-800-f-im-top-test.562746.html