Kalau melihat line up Moto Guzzi sekarang dan dari tahun 70an (barangkali sebelum-sebelumnya juga sudah ada, belum saya pelajari hehe), kita bisa menyangka mesin V-twin melintang atau boxer berbentuk V atau apalah itu, tau kan maksudnya, adalah konstruksi mesin khas Motoguzzi.

Berkat kunjungan ke Oldtimermarkt di kota Hamm hari Ahad lalu, mata saya lebih terbuka dengan ditampilkannya motor-motor Motoguzzi generasi awal. Ada berbagai rupa mesin Moto Guzzi rupanya, mulai dari yang kelas capung, hingga kelas berat. Sebagai buktinya, ini dia:

20170226_114641

Kan, mesinnya besar satu silinder tiduran, ibarat mesin Honda win dengan ukuran 3 kali lebih besar! Dan inilah yang saya perkirakan konstruksi mesin awal Moto Guzzi, sebab ada motor dari tahun 1935 yang seperti ini konstruksinya.

20170226_114700-1

Mengikuti era superbike yang dibuka Honda CB750, Moto Guzzi pun tak ketinggalan menghadirkan motor 4 silinder juga. Maaf, saya tidak perhatikan jenis motornya apa, sebab sebagian besar motor tak diberikan keterangan, hanya dipamerkan.

20170226_114841

Mesin berukuran imut pun juga ada. Nanti kita akan lihat lebih detail lagi ya, bahwa memang Moto Guzzi juga punya banyak varian mesin dengan berbagai kapasitas mesin. Dengan melihat motor-motor ini, semoga yang tersesat ke sini lebih luas wawasannya.

Iklan