20170226_114630

Melihat sosok motor produksi 1935 ini memang angker, maklum, lihat motor suspensi belakangnya masih rigid dan suspensi depannya masih cangkang begini bawaannya gimana gitu, langsung teringat Ariel Red Hunter 500, motor klassik pertama yang saya lihat dan sentuh dari zaman sekitaran Perang Dunia ke-2. Moto Guzzi 500 S ini bahkan dari sebelum PDII ya.. Entah ini motor keberapa yang diproduksi oleh pabrikan yang sebenarnya sudah ada sejak 1921 dan dikenal sebagai pionir standar tengah, mesin 8 silinder dan wind tunnel.

20170226_114605

Beda dengan BMW yang lahir-lahir mengandalkan mesin boxer, Moto Guzzi sepemantauan saya baru di akhir tahun 60an punya mesin V-2 melintang. Sebelumnya, mereka pakai mesin 1 silinder tiduran ini. Di 500 S sudah ketebak kan, mesin 1 silinder 4 tak 500cc, dan kompresinya sangat rendah dibandingkan motor sekarang, hanya4,6:1.  Mesin ini diberi keterangan punya power puncak 13 PS @4300 rpm. Daya mesin yang disuplai karburator Dell Orto MD25 yang dipantik pengapian Magneti Marelli ini bisa mencapai kecepatan sekitar 100 Km/jam, ya lumayan lah, sudah tidak bisa dikejar kuda atau anjing galak wkwk…

Penasaran juga sebenarnya bagaimana bunyinya, apalagi motor ini pakai kopling kering. Hmmm lucu juga ya kalau Ducati dibanggakan teknologi kopling keringnya.. Itu teknologi jadul, tapi memang punya daya tarik dan bunyi yang khas..

Iklan