Bro sekalian pasti kenal dengan merk Opel, yang paling mudah diingat di Indonesia biasanya sih Opel Blazer. Namun, banyak juga yang kurang paham, Opel itu sebenarnya pabrikan mobil asal mana. Opel itu asalnya pabrikan asal Jerman, tetapi sejak 1929 sejak menjadi PT, Opel menjadi milik General Motors Amerika Serikat.

Opel didirikan sudah lama sekali rupanya, sejak 21 Januari 1862! Di awal didirikannya oleh Adam Levin Opel, pabrikan ini tak langsung membuat mobil. Produk utama mereka adalah mesin jahit hehe… Pabrikan ini juga tahun 1886 hingga tahun 1940 memproduksi sepeda. Baru tiga tahun setelah kematian Adam Opel, Opel memproduksi mobil, yakni tahun 1898.

Nah, waktu di Oldtimermarkt 2017 lalu, saya ketemu 2 unit yang bisa saya bilang keren banget, tidak kalah lah dengan Ford GT, Ferrari, Aston Martin dan mobil selevelnya: Ford GT. Ini dia penampakannya:

20170226_122801

Gimana Bro? Manteb kan Bro..Mobil ini rupanya diproduksi di Bochum pada tahun 1971 dan dieksport ke USA. Tahun 2002, pemilik mobil ini mengimportnya kembali ke Jerman. Katanya diperoleh dari California..

20170226_122817

Ford GT sendiri diproduksi tahun 1968 hingga 1974. Meskipun bentuknya wow dan sporty banget, mesinnya tergolong mobil biasa, bukan super car. Memang tidak ngebut sih, tetapi justru cocok banget buat yang mau tampil gaya dengan konsumsi bensin irit. Untuk melihat pemilihan mesin mobil, tentu sebaiknya kita lihat keadaan perekonomian negara yang jadi target pasarnya ketika itu.

Kapasitasnya yang hampir 1800 cc dihasilkan mesin 4 silinder yang disuplai karburator hanya menghasilkan tenaga sebesar 90 PS. Mudah dilampaui mesin moge 600cc 4 silinder modern ya…

Meskipun tenaganya kecil, mobil 2 pintu ini punya bobot yang tergolong ringan, hanya 845-940 Kg, tergantung tipe. Kalau baca di Wikipedia, bahkan sudah ada versi maticnya dengan 3 tingkat percepatan, sedangkan versi manualnya 4 tingkat percepatan.

20170226_122617

Mobil yang terjual sangat banyak ini (bayangkan, 103.463 unit!) punya top speed hanya 180 Km/jam. Pelan sih, tapi gantengnya maksimal ya.. Ga malu-maluin biarpun berjejer dengan mobil sport terbaru sekalipun.

20170226_122658

Oh ya, waktu tahun akhir 2004-Januari 2005 saya tersesat ke Bochum, saya pernah melihat demonstrasi para pekerja Opel di Bochum. Pas saya baca-baca lagi, rupanya tahun 2014 memang akhirnya Opel menutup pabriknya di Bochum. Sebuah pukulan berat bagi kota ini, maklum, ini kota kecil yang banyak sekali penduduknya bekerja di Opel Bochum.

20170226_122834

Hmmm daripada ngabisin duit modifikasi mobil ampe ratusan juta, mainan mobil klassik begini dan restorasinya jelas lebih menguntungkan. Kerennya dapet, investasinya pun dapet. Ada yang pernah lihat Opel GT tersesat ke Indonesia? Bisa dipertimbangkan sih dibandingkan menggebet Ford Mustang yang harganya selangit hehe..

 

Iklan