Yang namanya Blogger gurem, saya tentu harus pintar-pintar cari berita sendiri. Nah, berhubung masih lumayan hangat, kita bahas Kawasaki Z900 ya, produk terbaru Kawasaki yang harganya memang menghebohkan ini, maklum, 225 juta, jauh di bawah prediksi orang-orang yang main moge kalau melihat kapasitas mesin dan fiturnya. Mari kita pedekate motor yang posisinya menggantikan Yamaha XJ-6 yang merupakan moge 4 silinder murah. Namun, Z900 meskipun lebih mahal, tetapi yang didapat sungguh paket lengkap.

20170304_122437

Secara tampilan fisik, tak perlu diragukan, suspensi sudah USD, jelas agak repot juga kalau mau menjulukinya moge murah, terlebih lagi kapasitasnya 948cc! Namun, entah kenapa, soal aura, Z800 buat saya masih lebih punya wibawa.

20170304_122631

Secara keseluruhan sih tidak ada yang janggal. Bahkan saya lebih senang melihat penampilannya dibandingkan Suzuki GSX-S750 yang terlalu biasa.

20170304_122422

Mungkin auranya kurang keluar, karena terlalu mirip tampilannya dengan Kawasaki Z650 yang menggantikan ER6N. Buat saya pribadi, saya yakin, banyak common parts antara kedua motor ini. Coba cek spatbor belakang, lampu rem, lampu sen, spion, bahkan tanki dan body belakang pun sungguh sulit dibedakan (atau jangan-jangan sama).

20170304_122031

20170304_122301-1-1

 

Menurut saya, Kawasaki cerdas dengan menekan harga dengan konsep yang tepat. Mereka ingin membuat Z650 punya teman. Z650 sendiri menggantikan Kawasaki ER6N yang memang laris manis karena berkualitas, khas, handal dan harganya murah. Nah, untuk versi 4 silindernya, dihadirkanlah Z900 ini. Moge yang ditawarkan dalam 6 varian warna ini hanya dilego 8.895 Euro! Doi dihadirkan untuk menggantikan Z800. Cerdasnya, karena Z800 bakal loyo kalau mengikuti Euro 4, maka Kawasaki ganti dengan mesin berkapasitas lebih besar. Soal tenaga bukan jadi urusan utama, hanya  125 PS @9500 rpm dan torsi maksimum 98.6 Nm @ 7700 rpm. Tampaknya memang Kawasaki menyasar pencinta moge yang doyan touring sih.

20170304_122121

20170304_122150

20170304_122136

Kenapa saya bilang doyan touring? Posisinya asli santai. Tinggi jok hanya 795 mm. Dengan tinggi badan 170cm, kaki saya menapak leluasa ke lantai tanpa jinjit sedikitpun. Tinggi jok masalah sensitif lo dalam memperluas pasar! Didukung harga murah dan fitur lengkap, plus mesin besar yang rentang rpmnya menghasilkan power maksimal di putaran rendah, Kawasaki cerdas membaca kebutuhan pasar. Ibaratnya, mereka benar-benar menebar jaring yang besaaaar!

Harga murah, dapet

4 silinder, dapet

fitur, dapet

tampang gahar, dapet

kualitas Kawasaki, dapet

jok rendah dan posisi duduk santai, dapet

20170304_122911

 

Iklan