20170304_122955

Sebenarnya belum ada media di Jerman sepemantauan saya yang menduelkan kedua motor ini, maklum, keduanya barang baru. Nampak juga Kawasaki dan Suzuki mengandalkan kedua motor ini sebagai motor pencari duitnya, ya ibarat motor sport 150cc di tanah air lah. Secara harga, kedua motor ini tergolong murah dan hanya separuh harga motor kelas superbike. Ibarat di Indonesia, motor-motor sport 150cc harganya kira-kira separuhnya motor sport 250cc.

20170304_102544

Keduanya tergolong motor berkapasitas besar yang mudah dikendarai. Fitur keduanya pun bisa dibilang lengkap, meskipun keduanya bisa dibilang just another big bikes. Moge biasa saja…. Coba saya sandingkan perbandingan kasarnya ya:

Harga: GSX-S750 8990 Euro, sedangkan Z900 8895 Euro. Bisa dibilang super mirip. Di Indonesia, z900 dilego 225 juta, sedangkan GSX-750S saya tidak temukan di web Suzuki Indonesia. Yang ada hanya V-Strom 650 seharga 209.405.000 rupiah, di Jerman dijual 8390 Euro. Dengan perbandingan ini, logis saja kalau Suzuki pun bisa menjual GSX-S750 dengan harga selevel z900.

Bagaimana power mesin? GSX-S750 mampu menghasilkan 114 PS @ 10500 rpm dan 81 Nm@9000rpm dari mesin 749ccnya (entah dengan ram air atau tidak), sedangkan Z900 dengan 125 PS @9500 rpm dan 98,6 Nm @7700rpm (dengan ram air).

Kalau lihat mesinnya, memang Kawasaki lebih kuat dan padat sejak rpm rendah berkat kapasitasnya yang lebih besar. Namun, GSX-S750 juga tak bisa dianggap remeh, mesin Gixxer750 sudah terbukti legendaris dengan performa dan daya tahannya.

Saran Blog Sesat sih kalau bingung memilih kedua motor ini, pastikan Bro test ride keduanya. Lalu mana yang lebih asik desainnya dan menyenangkan dikendarainya! Top speed dan power maksimum moge hanya penting di atas kertas saja, di jalanan hampir bisa dibilang tak perlu kita ekspoitasi pol, susaaaah dan sereeeem!

Yang pasti sih dari nyemplak kedua motor ini, riding position Z900 lebih santai dan pendek (dengan tinggi 170cm, kedua kaki saya menapak mantap), sedangkan yang senang berkendara lebih sporty dengan posisi jok lebih tinggi (dengan tinggi 170 cm, saya jinjit)dan agressif buat menikung plus senang memecut motor di rpm tinggi, GSX-S750lah pilihan yang lebih tepat.

Tentu kalau mau lebih detail lagi ya dicek fitur-fitur lainnya macam traction control dan sebagainya. Namun, cara paling gampang ya lihat, test ride, hehe….

Iklan