Hengkangnya Honda CBR600RR dari kancah WSS karena disuntik mati tentu memberikan angin segar kepada kompetitornya. Meskipun memang sudah tak di masa jayanya, CBR 600RR masih tidak bisa dipandang sebelah mata. Suzuki pun juga memandang tak menguntungkannya jualan motor supersport. Gixxer 600 yang sebenarnya standarnya juga ga bisa dibilang cupu dibandingkan kompetitor, tak dipasarkan lagi oleh Suzuki. Cukup aneh sih, justru yang dipertahankan malah Gixxer 750 yang merupakan warisan zaman WSBK masih diwarnai motor-motor 750cc 4 silinder. Namun, kalau lihat penjualannya, Gixxer 750 memang tidak mengecewakan sama sekali!

20170304_123432

Maaf sebelumnya karena saya tidak bisa menghadirkan banyak foto motor yang membuat Cal Crutchlow juara WSS ini. Doi sangat dikerumuni dan tempatnya agak sempit. Soal sosok, ya standar moge 600cc lah. Mesin masih sama 599cc 4 tak 4 silinder inline dengan 16 klep dan 6 tingkat percepatan, masih cukup banget lah untuk melejitkan motor 190 Kg ini.

20170304_123416

Yang ditawarkan dari sektor mesin memang bisa dibilang nihil..hmm atau ada ya? Maaf malas google. Keunggulan yang ditawarkan tentunya desain aktual R-Seriesnya yang sebenarnya justru tak terlalu agresif seperti seri sebelumnya. Yamaha menjual electronic assistent system di R6 gress ini. R6 dilengkapi dengan traction control dengan 6 tingkat setelan sesuai kebutuhan berkendara. Mungkin setelan teriritnya dinamai fakir mode! Peace ah hehe..Doi sudah dilengkapi QSS untuk memungkinkan oper gigi ke gigi tinggi dengan bukaan gas tetap penuh, ya quickshifter lah…

Di rangka, tak dijelaskan ada yang baru. Hanya rangka bagian buritan saja dirancang baru dengan desain langsing dan dibuat dari magnesium. Selain itu, Yamaha juga melengkapinya dengan tanki alumunium ringan yang bisa menampung 17 liter.

20170304_123408

Spidometer kan katanya masih pakai punya R1 jadul, jadi tachometernya masih analog. Hmm, mungkin tidak sama plek ya, karena rpmnya sampai 18000, jangkauan mesin 600cc. Oh ya, masih kalah sama Gixxer 150 yang spidometernya full digital da sudah keyless, karena R6 anyar ini masih mengandalkan kunci konvensional.

Berapa harga motor ini? 13.995 Euro! Bulatkan ya 14000 Euro! Mahal Bro… Kawasaki Z900 jelas jauh lebih murah.. ya itulah mahalnya teknologi dan ilmu meringankan badan!

Iklan