Dari awal kelahirannya, R-Series berkapasitas terkecil ini desainnya begitu digemari. Bahkan banyak yang bilang, R 125 adalah yang paling tampan dibandingkan R-Series lainnya.

20170304_124430

Kalau melihat saingannya dulu untuk menggaet kalangan ABG, yakni Aprilia RS125, tidak heran bahwa Yamaha perlu membuatnya seganteng ini. Buat bikers Indonesia pun, doi juga super ganteng dan terpantau ada yang masuk beberapa unit ke Indonesia dengan harga lebih mahal dibandingkan Ninja 250 yang di awal munculnya pun begitu heboh dengan harga 40 jutaan yang untuk standar waktu itu harga yang wow!

20170304_124400

Melihat sosoknya kini, R 125 tetap saja terlihat wow… Meskipun bikers Indonesia sudah tak terlalu menginginkannya lagi seperti saat awalnya dulu.. Maklum, dulu kan di Indonesia hanya ada CBR 150 gen awal dan Vixion hehe..sekarang sih sudah berlimpah ruah motor fairing 150 dan 250cc. Apalagi dengan munculnya R15 generasi ke-3 nanti, bisa dibilang fiturnya sudah selevel R 125, meskipun saya masih berani bilang, R125 masih 1 level di atasnya, cuma kalah sektor mesin lah..

20170304_124259

Motor ini masih tetap dibekali mesin 1 silinder 4 tak, 4 klep OHC berkapasitas 124,7 cc yang menghasilkan 15 PS @ 9000 rpm dan torsi maksimum 12,4 Nm @ 8000 rpm. Lumayan lah buat menggerakkan bodi semoknya yang berbobot 142 Kg.

20170304_124227

Bagaimana rasanya nyemplak motor ini? Saya dengan tinggi 170cm mencoba motor bertinggi jok 818 mm ini. Hmmm kedua kaki masih menapak, meskipun kurang mantap, maklum, ini motor tinggi.  Dan ketika tangan meraih setang, wah, bungkuknya langsung terasa pegal. Saya merasa kurang cocok, meskipun saya senang posisi merunduk balap. Buat saya lumayan extrem posisinya, ga beda dengan 600cc atau 1000cc, tapi tenaganya kan cuma segitu wkwkwk… Jauh lebih nyaman duduk di jok Z900 dan menjangkau setangnya. Buat Bro yang enjoy di atas Gixxer 150 (Tinggi jok 785 mm), wah pasti bakal mikir yang sama kalau naik R 125, nunduknya mulai ganggu hehe..meskipun keren sih, tapi ya terlalu nunduk dengan power mesin hanya segitu. Namun, kalau niatnya memang mau tau riding position motor supersport dan superbike, R 125 dijamin bisa memberikannya!

20170304_124250

Soal handling, hmm saya tidak pernah coba, tapi saya percaya dengan kualitas Yamaha. Dibekali frame ala moge balap, suspensi USD, rem ABS dan ban Michelin, saya rasa itu cukup menjanjikan untuk meminang motor yang dibanderol seharga 5195 Euro ini. Jauh lebih mahal ya dari GSX-R125 yang bermain di 4490 Euro (harga di web Suzuki Jerman), wajar sih kalau melihat kaki-kaki dan bodi Yamaha R 125 ini: USD, velg alumunium lebar, swing arm banana dan ban Michelin, lebih murah malah… R-125 juga unggul di tingkat kerapihan atau kehalusan pengerjaan, silahkan cek foto dashboard dan area setangnya!

20170304_124218

Gimana Bro? Jadi pingin meminang? Menurut saya sih, berburu R 125 second lebih menguntungkan dibandingkan beli motor 250cc baru, punya nilai investasi nantinya di Indonesia.

Iklan