Senin lalu sebenarnya saya harus ke kota Ludwigshafen. Sudah pesan tiket Flixbus yang tentunya demi mengejar harga ekonomis. Pesan yang jam 6 pagi dan harga dapat 15 Euro. Kalau yang siang sudah 29 Euro. Eh, gara-gara telat meninggalkan rumah, saya ketinggalan U-Bahn, dan berentetlah hingga akhirnya ketinggalan Bus di depan mata hikshiks…

20170313_103414

Akhirnya saya naik kereta saja. Dengan tiket NRW sebagai mahasiswa, bisa dipakai hingga ke Bonn. Nah, berhubung lewat Cologne, sekalian saja mampir sebentar, ya nostalgia lah hehe… Ini foto dari pelataran mesjid, lumayan bisa lihat dulu tempat kursus, yakni Carl Duisberg Centrum. Mampir sebentar untuk sholat duha…mungkin ini hikmahnya ketinggalan Bus hehe..

20170313_103557

Saya pun berjalan terus ke arah Bank tempat dulu buka rekening. Butuh duit Bro..kan harus beli tiket kereta yang mahalnya ga lucu lagi itu… Untung cuaca cerah dan tidak terlalu dingin.

20170313_104457

Pemandangan juga bagus..banyak moge mulai berkeluyuran.. Tapi sebanyak-banyaknya, tidak ada tuh istilah parkiran motor penuh wkwk… Parkirpun bisa dibilang di mana saja yang diizinkan.. super gampang deh..

20170313_134913

Saya pun melanjutkan perjalanan ke Bonn. Hmm, eks ibukota Jerman Barat ini dianggap Yognya-nya Jerman karena dianggap kota pusat pendidikan. Namun, kesannya beda kalau kita cuma di stasiun doang. Banyak yang minta2.. masih pada muda juga..fenomena deh.. Kalau di kota kecil, hampir tidak ada fenomena ini..

20170313_132909

Mulai dari Bonn, saya harus beli tiket kereta ke daerah Oggersheim di Ludwigshafen. Meskipun tinggal 1/3 perjalanan, biaya tiketnya 39 Euro, itupun kelas 2 hehe.. (makanya naik Bus itu saya bilang murah).

20170313_142338

Untungnya sih terbayar dengan pemandangan bagus. Jalur kereta antara Koblenz ke Ludwigshafen menyusuri sungai Rhein alias Rhine memang cukup menghibur.

20170313_182953

Dan sore hari sampai di Oggersheim. Ini tapi saya ambil menjelang magrib. Sebenarnya saya harus ke Mannheim, tetapi karena hotel di sana mahal-mahal (di atas 80 Euro per malam), saya memutuskan menginap di Ludwigshafen. Lumayan, dapat kamar seharga 50 Euro per malam. Sedangkan beli tiket harian yang bisa PP Ludwigshafen-Mannheim dan muter-muter sepuasnya, cukup keluar 6,5 Euro saja.