Kalau dulu produsen hanya membuat motor besar seukuran tertentu saja, dan biasanya berkiblat ke ukuran tubuh orang Amerika atau Eropa yang tinggi besar, kini menurut observasi Blog Sesat sudah ada perubahan paradigma. Apa yang menyebabkan perubahan ini? Sudah pasti pasar Bro… Kalau dulu yang senang dan sanggup bermoge orang-orang Amerika Utara dan Eropa, kini pasar Asia dan Amerika latin semakin menggiurkan. Belum lagi bertambahnya bikers wanita yang jelas-jelas berpostur lebih kecil. Nah, untuk memperluas pasar, tentu ukuran motor perlu disesuaikan. Maknya, makin ke sini, moge pun ukurannya makin kompak dan kecil. Yang ketara banget pendek-pendek tinggi joknya misalnya Yamaha dengan MT dan XR seriesnya.. Kecuali MT-10 yang tetap bongsor dan mungkin MT-09. Kawasaki dengan Z-series pun mengikuti paradigma tinggi jok rendah. Z900 ketara banget nyaman bagi yang tingginya 170cm, bahkan tinggi 165 cm masih bisa tenang menopang Z900 dalam keadaan diam.

20170304_110555

Moge Eropa pun juga melihat ini. Ya, kalau BMW sih tidak ambil pusing, karena memang pasarnya kuat.. Untuk mogenya, BMW tetap nerukuran besar dengan tinggi jok tetap tinggi. Namun, varian laris manis macam R-NineT dibuat rendah lo joknya. Untuk motor-motor kapasitas kecilnya, saya merasakan memang tinggi jok dibuat  rendah.

Nah, di Ducati, saya melihat terobosannya. Misalnya di Ducati Scrambler yang memang dibuat imut, bahkan di Dortmund, mereka buatkan khusus booth untuk Scrambler.. Ya, minimal ada 5 Scrambler dipajang dan bisa dinaiki di sana! Ya, itu kacang gorengnya Ducati.

20170304_110611

Bagaimana dengan legenda naked bike mereka, Ducati Monster? Saya rasa Bro bisa mengerti yang tertulis di tanki. Tinggi standarnya hanya 805 mm, aman buat saya yang 170cm, bisa menjejakkan kedua kaki dengan cukup menjejak.

Nah, untuk mereka yang berpostur kecil, Ducati sudah menyiapkan pelengkapnya sehingga bisa dibuat tinggi jok berkurang hingga 20mm menjadi 785 mm atau setara Suzuki GSX-R125! Nah, buat yang bongsor, tinggi jok bisa dibuat lebih tinggi 25 mm sehingga menjadi 830 mm! Saya rasa kedepannya makin banyak motor yang ditawarkan dengan pilihan seperti ini…

Iklan