Akhir Agustus tahun lalu, saya akhirnya tersesat juga ke Heidelberg. Bisa disebut sebuah keinginan yang akhirnya terwujud juga sih, sebab dari dulu memang ingin mengunjungi kota yang dianggap kota paling romantis di Jerman ini.

Yang menyenangkan buat saya adalah saat jalan kaki menyusuri sungai Neckar ini. Lebarnya lumayan, minimal sekitar 3-4 kali lebarnya Ciliwung. Dan memang tipikal kota-kota Eropa yang sudah muncul sejak dulu, kota-kota ini ada di daerah yang dilalui sungai besar.

IMG_20160828_220928

Oh ya, Heidelberg punya universitas tertua di Jerman. Raja Ruprecht I mendirikan universitas pada tahun 1386. Universitas ini merupakan universitas ke-3 di era Kekaisaran Romawi Suci setelah sebelumnya didirikan universitas juga di Praha dan Wina.

Saya hanya sempat sebentar saja tersesat ke kantinnya universitas ini. Lumayan keren, selain bangunannya yang memiliki langit-langit tinggi, sambil makan, mahasiswa disajikan pemandangan ke arah sungai Neckar.

IMG_20160828_220542

Berjalan menyusuri Neckar dari tengah kota ke arah jembatan Theodor Heuss  lalu ke Alte Brücke alias Karl Theodor Brücke alias jembatan tua. Alte Brücke ini bisa dibilang salah satu lokasi paling romantis di kota ini. Berjalan mulai dari pusat kota sampai ke Alte Brücke, kita bisa melihat sungai Neckar mengalir tenang menghanyutkan. Melihat rumah-rumah di bukit seberang, wow kesannya hidup tenang banget hehe.. Lihat Neckar selebar ini, kebayang ya serunya mancing hihi.. Namun, tak satu pun saya lihat ada orang mancing di Neckar. Mungkin ada larangan… Oh ya, seorang teman pernah bercerita, di Jerman memang diwajibkan punya SIM alias surat izin memancing. Orang Jerman menyebutnya Angelschein. Namun, untuk memancing di laut, orang tak perlu punya SIM jenis ini.

IMG_20160828_220432

Untuk yang senang naik kapal, ada kapal-kapal berukuran sedang yang bisa mengantarkan kita menyusuri Neckar. Neckar sendiri kalau diikuti ke arah hilirnya akan sampai ke kota Mannheim dan akhirnya menyatu dengan sungai Rhein yang melewati kota seperti Cologne dan Dusseldorf.

IMG_20160828_192001Nah, ini dia Alte Brückenya. Tampak sangat romantis terutama menjelang malam hari. Susunan bebatuan yang menyusun jembatan ini begitu memanjakan mata. Menghabiskan waktu untuk menikmati hembusan angin di jembatan ini dan melihat Neckar serta kastil di kejauhan sangat saya rekomendasikan karena gratis hehe..

Iklan