Salah satu motor terbaru Ducati tahun 2017 adalah SuperSport. Meskipun namanya supersport, doi bukan motor supersport sejati, hanya bentuknya dan tenaga mesinnya saja yang setara motor supersport yang sekarang memang sudah lewat masanya. Ducati SuperSport bermesin Testrastretta L Twin 4 klep desmodromic per silinder berkapasitas 937cc.

20170304_113458

Tenaga yang dihasilkan dicukupkan 110 PS @ 9000rpm dengan torsi maksimum 96,7 Nm @ 6500rpm. Yup, tenaganya bisa dibilang kecil untuk ukuran Ducati dan rpmnya rendah. Memang namanya saja yang supersport, tetapi sebenarnya ini motor touring yang berwujud motor balap!

20170304_112801

Sangat terasa konsep ini ketika kita nyemplak di atasnya. Rasanya saya rasa sih santai, mirip CBR 250 lah.. Posisi memang merunduk, tetapi masih terhitung santai. Orientasi santai juga terasa dari tinggi jok yang rendah. Ini sebenarnya karakter motor touring yang tidak butuh keagresivitasan dalam menikung atau berganti arah secara cepat. Posisi rider lebih in the bike dibandingkan motor balap yang on the bike. Kedua kaki saya dengan tinggi 170cm bisa menapak mantap. Ga berasa naik moge sih kalau memejamkan mata dan motor dalam keadaan dimatikan.

20170304_113045

Secara fisik, orientasi motor touring bisa terlihat. Pertama jelas di joknya yang nyambung dan pastinya Biposto alias bisa menambal amal dengan membawa boncenger. Ciri fisik lainnya tentu langsung terlihat dari posisi setang yang tinggi karena bentuknya pun ada raiser yang terintegrasi dengan setang. Rangka pun menggunakan tipe teralis konvensional Ducati, beda dengan Panigale.

20170304_113323

Selain itu, wind shield tingginya bisa disesuaikan Bro… Jadi kalau mau tetap bergaya balap ya direndahkan saja. Namun, kalau butuh proteksi lebih, wind shield bisa dinaikkan, meskipun sedikit.

20170304_112711

20170304_112622

Ducati sepemahaman saya menawarkan dua versi. Supersport S dan tanpa S. Dari ciri fisiknya yang terlihat, versi S dilengkapi suspensi Oehlins di depan dan buritan, sedangkan yang biasa (warna merah) diperlengkapi USD Marzocchi dan suspensi belakang buatan Sachs. Untuk yang merah, Ducati membanderolnya seharga 12.990 Euro, jadi jelas lebih mahal Yamaha R6 yang tenaganya pun sama (tapi suspensi R6 sudah Oehlins kan). Untuk versi S, tidak saya dapati di lokasi, berapa harganya.

20170304_113535

20170304_112702

Untuk konsumsi bensin, motor berbobot kosong 184 Kg (siap tempurnya berbobot 210 Kg), Ducati menerangkan 5,9 liter/ 100 Km. Dengan tanki 16 liter, motor ini aman banget untuk menempuh lebih dari 200 Km tanpa harus ketemu pom bensin. Wajar, karena memang disiapkan juga buat mereka yang senang sport-touring.

20170304_113525

Buat mereka yang ingin lebih berasa sport, motor ini juga disiapkan Ducati untuk bisa dipasangi DQS alias Ducati Quick Shifter. Kalau standarnya sih belum dipasang, cuma diperlengkapi riding modes, power modes, ABS Bosch, ride by wire, LCD display, DRL, Ducati multimedia system dan proteksi antimaling.

20170304_113447

Buat yang sudah termakan usia, tetapi ingin terlihat gaya dengan Ducati yang riding positionnya tidak menyiksa, Ducati SuperSport 937 jawabannya! Selain itu sih tidak ada yang spesial hehehe (sirik.de)

Iklan