20170526_163547

Hari Jumat lalu dibagikan jadwal puasa ini. Yang aneh, di kanan bawah kok ada keterangan sholat tarawihnya dilaksanakan di Herne, sebuah kota di utara Bochum. Ya, sebenarnya hanya sedikit lebih jauh sih, tapi pas dilihat sudah terlalu jauh dari halte yang dilewati U-Bahn yang menuju ke Herne, mana sudah menjelang tengah malam, tentu semakin sulit kendaraannya. Kalau tak punya kendaraan pribadi, terlalu berat. Karena itu, saya pun coba cari tempat lain di Bochum yang menyelenggarakan tarawih. Alhamdulillah masih ada 3 pilihan.

IMG-20170526-WA0012

Ini dia tempatnya. Alhamdulillah ketemu karena ada seorang yang awalnya saya kenal tampang saja saya buntuti…sok yakin aja kalau dia mau ke masjid hehe.. Eh, tak taunya, sampai-sampai di sana, saya ingat pernah tersesat ke sini juga..dan sudah lama sekali, entah akhir tahun 2004 atau Januari 2005 dulu.

Ya, sebenarnya tetap mengharap bisa tarawih di Masjid Khaled yang ada di dekat Wasserstrasse, tetapi memang karena mereka memindahkannya ke kota sebelah, ya saya berpindah ke lain masjid, ya agak beda dikit lah antara mesjid Arab dan Turki. Waktu tadi dapat tebengan pulang, yang beri tebengan cerita, dulu menyenangkan bisa tarawih di masjid Khaled, sampai tahun 2011 pun masih. Namun, karena warga sekitar keberatan karena berisik (kan tarawih di musim panas memang sudah terlampau malam, hari ini sekitar jam 11-12 malam baru selesai), akhirnya dipindah ke hall yang jauh dari pemukiman.

