Kalau zaman sekarang kesempatan untuk memiliki motor yang berlaga di MotoGP sangat sulit dan mahal, zaman dulu bisa dibilang jauh lebih mudah dan murah. Ya, meskipun motornya tidak sama sih wkwk.. Ya, mungkin kita sekarang lebih beruntung, sebab motor superbike sudah sangat mirip dengan motor MotoGP, bisa dibeli dengan harga “terjangkau”.

Bagi penggemar GP500, Yamaha menjadi pabrikan yang pertama kali menjual motor 2 tak 500cc yang mendekati motor GP500cc mereka yakni YZR500. Tahun 1984-1986/1987, Yamaha mengeluarkan Yamaha RD500LC yang terinspirasi YZR Kenny Roberts.

20170304_132618

RD500LC dibekali mesin berkapasitas 499cc dengan konstruksi V4 50 derajat berpendingin air Tiap silinder diladeni sebuah karburator Mikuni 26mm. Mesin berteknologi YPVS berkompresi 6,6:1 ini bisa menghasilkan 88PS @9500rpm dengan torsi maksimum 67 Nm @ 5400 rpm. Tenaga segini terhitung kecil untuk ukuran motor sekarang. Motor 600cc supersport jelas jauh lebih bertenaga. Namun, itu tahun 80an Bro.. tenaga 88PS ini merupakan tenaga terbesar yang bisa dihasilkan motor massal jika dibandingkan dengan kapasitas mesinnya. Jadi, memang ada motor yang powernya lebih besar, tapi kapasitasnya ya tidak 500cc.

20170304_132755

Soal top speed, motor dengan 6 tingkat percepatan yang berbobot full tank 216 Kg ini hanya 223 Km/jam saja. Memang rendah sih, tapi balik lagi, itu masih di awal tahun 80an ya dan memang tampaknya memang RD series tidak dibuat berlebihan tenaganya.

20170304_132628

Oh ya, kenapa RD500 LC ini terlihat keren? Karena ini memang bukan standar lagi. RD500LC standar cakram depannya memang dobel, tetapi diameternya lebih kecil dibandingkan standar cakram depan Honda Tiger. Nah, ini sudah lebar kan…

20170304_132650

Soal ban, percayalah, New R15 masih lebih lebar hehe… RD500LC di depan memang lebarnya 120, tetapi di buritan hanya berbekal ban ukuran 130 saja.

Cat pun jelas bukan original. Pemilik RD500 LC ini mengatakan, livery ini bukan dicat, tetapi cutting sticker. Rapi banget ya, dapet banget aura GP500nya, apalagi ini livery legendarisnya Yamaha yang dipopulerkan Kenny Roberts yang 3x juara dunia GP500 menggeber YZR500.

20170304_132635

20170304_132748

20170304_132703

20170304_132734

Gimana Bro? Ada yang minat mendatangkan RD500LC dari luar negeri? Di Indonesia rasanya belum ada yang punya. Kalau RGV500 sih sudah ada hehe…

Iklan