IMG-20170529-WA0025-1

Rem Tiger dari dulu memang sudah ga oke semenjak kalipernya diganti KW.. maklum, kaliper original dulu harganya bikin nangis.. makanya zaman dulu kaliper motor itu termasuk barang yang sangat diincar maling. Makanya orang pada ganti baut kaliper… Kalau sekarang, sepertinya maling malas nanggung ya, main sikat motornya utuh, bahkan berani mencederai bahkan membunuh..hiiii..

Oh ya, kalau rem memang kurang oke biasanya ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Saya coba urutkan dari yang termudah, barangkali buat yang awam bisa membantu.

  1. Bersihkan cakram dengan air sabun, sekalian semprotkan air ke arah kalipernya. Ini buat saya cara yang paling mudah, karena kotoran membuat cakram lebih tidak menggigit. Apalagi kalau ada bocoran oli shock depan.. Kalau shock depan silnya bocor, ya buruan ganti sebelum garpu baret dan rem cakram ikutan nyelonong.
  2. Tambah minyak remnya, lalu buang angin… Gunakan beberapa saat, lalu buang anginnya lagi. Bahkan habis servis di bengkel resmi pun dan mengganti minyak rem, dari pengalaman saya, memang butuh dibuang lagi angin palsunya setelah motor dipakai jalan. Kalau ada angin palsu, ngebagel kan, rasanya sudah ditekan kencang tuas remnya, tetapi remnya ga gigit.
  3. Kalau langkah 1 dan 2 sudah dikerjakan, berarti harus coba cek sepatu rem. Kualitas sepatu rem buruk atau umurnya sudah panjang, butuh diganti yang baru. Kalau tidak ya gitu, sepatu rem terlalu keras sehingga kemampuan menggigit cakramnya berkurang.
  4. Masih kurang oke? Kalau sudah yakin kaliper oke dan master rem oke, berarti selangnya. Di kasus Tiger saya, memang selang yang lama variasi juga, tetapi awalnya oke. Nah, makin ke sini makin ga oke.. Karena ada anyaman kawat selang rem yang rusak juga tergerus ban. Akibatnya, kalau direm, tekanan ada yang “terbuang”, ga pakem deh.. Setelah diganti, hasilnya langsung terasa…Kata adik saya yang ngurusin si Tiger sih hihihi..
Iklan