20170330_110500

Beragama itu adalah sesuatu yang sangat kompleks, tetapi juga sesuatu yang sangat sederhana..

Beragama itu bisa sukses dengan rasio yang sangat cerdas, bisa juga dengan rasio yang serba terbatas…yup, Dengan kecerdasan luar biasa, seseorang bisa memahami agama dan mendapatkan ridhoNya, dan banyak juga yang cerdasnya luar biasa, tetapi disesatkan..

Bagaimana yang kurang cerdas? Agama itu bisa juga dipeluk dengan baik oleh orang-orang yang pendidikannya rendah juga kan? Bahkan ada yang tidak berpendidikan, tetapi bisa berhasil menjalankan agamanya.

Yang miris tentunya yang diberi kecerdasan, tetapi justru merasa terlalu cerdas! Kesombongan memang menghancurkan… Yup, otak kita memang diciptakan untuk membuat kita bisa bertahan hidup di dunia dan menyelesaikan masalah-masalah kita, tetapi otak kita tak selalu benar! Orang yang beragama yang murni mempercayai kitab suci yang murni yang belum terkontaminasi pikiran manusia! Ketika sudah ada kontaminasi, pasti ada yang bergeser dan kehilangan kebenarannya.

Intinya, apa yang ada di kitab suci itu adalah kebenaran, tak perlu lagi diragukan, apalagi diubah-ubah, dikritik dan yang tidak sepatutnya dilakukan. Itulah yang disebut mengimani…Manusia diberi otak dan kecerdasan untuk memahami kitab suci itu atau mengatasi hal-hal kecil yang tidak dijabarkan di kitab suci sepanjang zaman itu, bukan mendebat apa yang ada di kitab suci itu.

Kalau ada yang tak sesuai dengan pemikiran kita dengan ada yang ada di kitab suci itu, artinya buah pikiran kita yang salah! Kan Kitab suci itu datang dari Yang Maha Benar! Yakin hasil pemikiran manusia lebih benar dari sumber kebenaran?

Kemampuan berpikir manusia itu kan terbatas, bahkan bisa dimanipulasi. Bro yang mendalami psikologi pasti paham.. Perlu bukti? Coba ya, kita jawab pertanyaan sederhana ini untuk melihat, seberapa cerdaskah kita:

  1. Apakah logam bisa mengambang di atas air? Bisa, tergantung bentuknya kan..hari gini mudah dijawab, karena kapal-kapal berbahan logam itu mudah kita lihat di mana-mana.
  2. Apakah bumi itu datar? Pertanyaan ini rasanya tak perlu dijawab ya, lucunya sih, dengan argumentasi ini-itu, manusia modern pun bisa meragukan, bahwa bumi itu bulat..
  3. Apakah mungkin batu bisa ditumbuhi tanaman? Ini juga mudah dijawab sih..lihat saja foto di atas. Buat saya seperti keajaiban kecil sih, karena tiba-tiba ada tanaman kecil yang muncul dari sela bebatuan di balaikota Bochum…
  4. Apakah logam bisa terbang? Pertanyaan mudah kan..buat kita sekarang sih ya, tapi buat orang 200 tahun lalu????
  5. Apakah logam tanpa sayap dan tanpa baling-baling bisa terbang? Mulai susah? Namun saya yakin, masih ada yang kepikiran jawabannya: roket
  6. Apakah benda tanpa sayap, tanpa baling-baling, tanpa mesin jet, tanpa roket, bisa terbang? Bisa banget Bro… kalau di sini saja mulai bingung jawabnya, artinya otak kita ga cerdas-cerdas amat kan.. Bahkan, anak kecil saja mungkin lebih cepat jawabnya: balon gas
Iklan