20170625_113354

Di ajang MotoGP, setidaknya sepengetahuan saya ada dua jenis helikopter. Yang pertama adalah helikopter yang digunakan tim medis, yang kedua adalah helikopter yang tugasnya mengambil gambar dari udara. Nah, baru di MotoGP Assen 2017 saya sedikit memperhatikan helikopter yang sering menampilkan cuplikan gambar dari udara yang bisa memberikan gambaran, seperti apa jarak antar pembalap. Dan kalau Bro perhatikan, yang diliput adalah pembalap di rombongan terdepan.

Saya juga melihat, helikopter ini tak kalah sibuknya dengan para pembalap motor Bro… Doi dioperasikan mulai dari kelas Moto3, Moto2 hingga MotoGP. Ternyata, helikopter ini bukan sekedar mengudara saja, tetapi mengikuti pembalap terdepan. Jadi, di Assen saya menyaksikan, helikopter ini ikut berputar sebanyak jumlah putaran yang ditempuh para pembalap.

20170625_112915-1

Perhatikan gambar dari race Moto3 Assen 2017 ini. Bro bisa lihat, posisi helikopter sudah berada di bagian lain sirkuit. Foto keempat motor yang lagi rebah ini saya ambil di ujung straight utama. Nah, si helikopter sudah jauh dari situ, dan memang 4 motor ini ada di barisan belakang Bro..

Apa enaknya ada helikopter buat para pengunjung yang menonton langsung? Enaknya ya kita tahu, bahwa para pembalap terdepan agan segera lewat bersamaan dengan mendekatnya helikopter ke arah kita. Dari situ, kita lebih mudah kalau mau merekam gambar atau menyiapkan kamera untuk memfoto aksi pembalap-pembalap terdepan. Memang ada layar tv sih, tetapi terlalu sulit untuk mengenali sirkuit dari layar tv, apalagi Assen banyak tikungannya. Nah, dengan adanya helikopter, ya kelihatan banget kalau rombongan terdepan mau lewat.

Iklan