IMG_20170710_152926

Senin pekan lalu, saya tersesat ke Venlo karena menemani mantan dosen yang lagi tersesat ke Jerman. Ya sebenarnya sudah dari dulu sih mau iseng ke kota yang terletak di perbatasan Jerman-Belanda ini. Kalau buat yang hobi jalan-jalan dan kuliah di NRW, enak ke kota mungil negeri van oranye ini karena masih bisa menggunakan KTM, ya jadi ga keluar duit extra. Berhubung seperti gratisan dan ada temen jalan, ya kapan lagi toh…

20170703_130945

Dari kota Düsseldorf tinggal naik kereta RE13, sampai deh ke Venlo dalam waktu 1 jam 7 menit saja. Awalnya pas sampai stasiun Venlo, wah garing Bro..ga ada apa-apan gitu.. kotanya terlihat seperti kota kecil industri yang agak terbelakang wkwk.. Untung pas mulai memasuki kotanya kesan itu pelan-pelan hilang..

20170703_152706

Bangunan-bangunan BElanda yang khas dengan bata merah menyambut yang berkunjung. Sebenarnya agak membosankan juga sih kalau kelamaan di sini. Untungnya ya banyak tempat-tempat nongkrong dan pemerintah kota menghiasi kotanya dengan bunga-bunga di tiang-tiang lampunya. Kalau tidak, wah kota ini terlihat gersang..

20170703_152659

Ke wilayah kota tua ya enaknya jalan kaki. Naik sepeda juga enak sih, tapi tidak menemukan tempat penyewaan sepeda. Lagipula, jarak dari stasiun ke pusat kota tuanya, ke balai kota gitu, paling hanya 10-15 menit.

20170703_145057-1

Kalau di Münster yang di Jerman banyak orang Belandanya, nah di Venlo justru banyak orang Jermannya hehe..lagipula orang Belanda kan yang mayoritas penduduknya mampu berbahasa Inggris.. maknya bahasa Belanda terancam punah wkwk..ya katanya sih, kalau Inggris mengajarkan bahasanya ke penduduk di wilayah jajahannya, orang Belanda justru agak sombong dan tak ingin bahasa mereka dipakai penduduk jajahannya..

20170703_153138

Nah, ada yang menarik nih.. Rumah mungil tipe super sederhana.. imut banget ya Bro? Kalau di kita mah dianggep pos satpam..pos satpam aja lebih gede hehe.. Ya, itu rumah sendiri lho, bisa dilihat kan ada kotak suratnya sendiri..

Iklan