Salah satu hal perlu dibereskan seteah sebuah acara besar, apalagi yang outdoor tentunya sampah. Nah, setelah melihat lautan manusia saat race MotoGP di Assen, yang tertinggal setelahnya adalah lautan sampah.

20170625_155047

Penyelenggara sepemantauan saya memang tidak menyediakan tempat sampah sama sekali saat race. Saya sama sekali tak menemukan tempat sampah di sirkuit tertua penyelenggara MotoGP ini. Mereka membiarkan saja pengunjung meninggalkan sampahnya, baru setelah race akan dibersihkan. Hmmm..kalau buat pengumpul botol, menguntungkan banget nih hadir di ajang beginian hehe…

20170625_155218

Kebayang Bro, untung sebuah botol yang bisa ditukarkan dengan uang di mesin yang memang disediakan di supermarket-supermarket bisa senilai 25 cent. Lumayan kan kalau 4 botol sudah dapat 1 Euro alias 15000. Kalau saya bandingkan dengan waktu saya tahun 2009 lalu, sekarang makin banyak orang di Jerman yang memang memulung botol-botol bekas yang dibuang di tong sampah. Fenomena ini terutama banyak di kota-kota besar, terutama di daerah wisata atau di acara-acara besar.

Iklan