Sebenarnya tak cocok dibilang victory lap, sebab bukan kemenangan yang dirayakan, tetapi sebuah penerbangan jarak jauh terakhir Maskapai Air Berlin.

Saat diberangkatkan dari Fort Myers Miami, pesawat berbadan lebar ini dilepas dengan hujanan air dari water canon, sebuah pemandangan yang sebenarnya sudah tidak normal. Ya, biasanya sih setau saya, kalau pesawat baru diproduksi tiba, seremonialnya juga disemprot dengan water canon. Nah, kini perpisahannya pun dengan water canon.. mungkin kalau dengan digetok kendi air kurang instagramable hihi.. Ini dia pelepasan A330 sebelum tinggal landas menuju Duesseldorf, Jerman:

Daaaan, ketika hendak landing di Duesseldorf, ternyata pesawat sengaja melintas sekali dengan sangat dekat runway dan bangunan airport, sebuah aksi dan pemandangan yang biasanya hanya dilakukan pesawat tempur. Ini dia aksi maskapai yang sebenarnya sempat berjaya dan bahkan mencaplok maskapai-maskapai kecil lainnya, Hmmm leh uga pilotnya:

Sang pilot berterima kasih kepada para penumpang dan crewnya. Doi mengatakan Tschuess, bukan auf Wiedersehen. Sebenarnya kedua ucapan itu bisa-bisa saja dipertukarkan. namun, dalam konteks ini, auf Wiedersehen tak dipakai karena lebih berarti sampai jumpa yang mengisyaratkan akan ada pertemuan kembali, sedangkan Tschuess di konteks ini lebih berarti selamat tinggal.. meskipun di konteks lainnya bisa berarti sampai jumpa juga.

Bikin baper euy…

Yang lucu sih di video yang di airport merasa ketakutan sesaat melihat pesawat melenceng dari runway.

Dengar-dengar, manuver ini sempat dipertanyakan keabsahannya dan pilot akan dimintai pertanggungjawabannya… Hmm, tapi ada yang bilang diizinkan.. Ya, pastinya sih, komentar-komentar lebih membela manuver perpisahan Air Berlin ini.

Ini pemandangan dari dalam kabin: